Prof. Irwan “24 Jam” Bangun Institusi

dekan FP UNILA Prof. Irwan Sukri banuwaUsia Prof. Dr. Ir. Hi. Irwan Sukri Banuwa, M.Si. memang sudah tidak muda lagi. Ya, pria yang akrab disapa Bang Wawan ini memasuki usia 54 tahun pada 20 Oktober mendatang, namun dalam kesehariannya, Wawan terlihat tetap bugar dan energik.  Kondisi tersebut membuat dirinya mampu menyelesaikan tugas dengan baik.  Sehingga ia dipercaya sebagai Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) selama dua periode tahun 2008–2011 dan 2011–2015.

Suami dari Ir. Andre Widayanti ini memang dikenal seorang pekerja keras.  Ini terbukti saat Radar Lampung menyambangi bapak empat anak ini diruang kerjanya kemarin (22/8).  Padahal diketahui hari itu bukanlah jam kerja alias libur.  “Aktivitas saya cukup padat, Bung saja baru melihat selesai rapat dengan teman-teman dari hari weekend ini,” ujarnya membuka cerita.

Menurutnya, memiliki usia lebih dari 50 tahun tidak lantas membuat semangat kerja kendur. “Masuk usia 50 tahun ke atas ini nafsu besar tenaga kurang.  Dalam arti, ketika semangat kerja terus meninggi untuk membangun institusi, kita malah dibatasi kemampuan fisik yang mulai menurun,” jelasnya.

Pria yang terpilih menjadi Dekan Fakultas Pertanian Unila periode 2015–2019 itu menuturkan, perubahan yang ia rasakan di usia evergreen
ini adalah tidak bisa begadang seperti bujang dahulu.  “Dahulu, tidak tidur 48 jam saja kuat.  Sekarang sudah nggak bisa lagi.  Umur nggak bisa bohong,” candanya.

Profesor Ilmu Konservasi Tanah dan Air ini melanjutkan, untuk menjaga agar fisiknya tetap bugar yaitu dengan tidur yang cukup dan menjaga pola makan.  Soal tidur ia biasa memakan waktu 4–5 jam sehari.  “Saya tidur jam 12 atau 1 malam, bangun jam 04.30 untuk sholat subuh.  Setelahnya, saya tidur sedikit lagi biar paginya fresh”.

Untuk pola makan, menurutnya tidak ada pantangan.  Hanya ia menghindari makanan berlemak karena memiliki kadar kolesterol di atas ambang normal.  “Saya hindari makanan lemak.  Untuk olahraga saya memilih jalan kaki dan naik motor.  Karena olahraga ini lebih praktis dan fresh,”ungkapnya.

Menjabat Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FP Unila selama dua periode bukanlah waktu yang sebentar.  Tetesan keringat dan buah pikiran Irwan Sukri Banuwa dituangkan ke institusi yang ia pimpin bersama sahabat karibnya di zaman mahasiswa, Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., hingga akhirnya terpilih menjadi Dekan FP Unila menggantikan sahabatnya itu pada pemilihan Dekan FP Unila beberapa waktu yang lalu.  “Di usia yang yang tidak muda lagi ini saya ingin 24 Jam membangun institusi ini dengan sepenuh hati.  Bekerja, berdoa, dan ikhlas.”ujarnya kemarin.

Dia mengatakan, mobilitasnya sebagai pimpinan fakultas tidak sebatas duduk dibalik meja dan di bawah tiupan air conditioner (AC).  banyak pekerjaan yang ia lakukan.  Seperti turun meninjau sejumlah fasilitas kampus, berkomunikasi dengan para pendidik, mahasiswa, hingga mengecek Laboratorium Lapang yang juga ia pimpin.  “Hobi saya itu turun lapang.  Rupanya hobi itu menjadi olah raga karena mengeluarkan keringat.”selorohnya.

Di Laboratorium Lapang Terpadu seluas 6,2 hektare itu biasa untuk praktikum dan penelitian para dosen dan mahasiswa, serta menjadi show window bagi Unila.  “Lab. ini menjadi tempat agrowisata bagi masyarakat, dan dipakai anak-anak sekolah untuk pengenalan pertanian atau early agro education”. jelasnya.

Terakhir, ia berusaha visinya membangun institusi akan terus bersinergi dengan program pemerintah, yaitu penguatan ketahanan pangan, energi dan kemaritiman.  “Pertanian harus menjadi tulang punggung kemajuan Indonesia, khususnya di Lampung.  Insya Alloh, Fakultas Pertanian Unila turut berkiprah demi kemajuan Lampung dan Indonesia secara luas,”pungkasnya.

prof.irwan sukri banuwa-keluarga

Sumber Tulisan/Foto: Radar Lampung Cetak Minggu 23 Agustus 2015

Berita Terkait:

Biodata Singkat Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si. silahkan klik disini.

Calon Dekan FP Unila mengadakan Sosialisasi Program Kerja Calon Dekan FP Unila Periode 2015-2019

Pemilihan Dekan FP Unila Periode 2015-2019