ANALISIS MANAJEMEN PRODUKSI DAN PEMASARAN PISANG CAVENDISH (Studi Kasus Pada PT Nusantara Tropical Fruits )

ABSTRAK

 

 

ANALISIS MANAJEMEN PRODUKSI DAN PEMASARAN

PISANG CAVENDISH

(Studi Kasus Pada PT Nusantara Tropical Fruits )

 

Oleh

 

Indri Puspita Sari

 

 

Indonesia merupakan negara tropik yang kaya akan berbagai macam komoditas seperti, komoditas perkebunan, komoditas hortikultura, dan komoditas tanaman pangan.  Iklim Indonesia memudahkan berbagai macam tanaman pertanian dapat berkembang.

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1)  Menganalisis pendapatan dari pisang pada PT Nusantara Tropical fruits, (2)  Menganalisis sistem dan manajemen pemasaran yang dilakukan pada PT Nusantara Tropical Fruits.  Penelitian dilakukan pada PT Nusantara Tropical Fruits di Desa Raja Basa Lama, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur.  Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive).  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus.  Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder.

 

Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Pendapatan usaha pisang cavendish terjadi perbedaan, pendapatan pada sistem irigasi drip lebih besar dari sistem irigasi springkler.  (2) Pemasaran yang dilakukan pihak PT Nusantara Tropical Fruits melalui dua saluran pemasaran, yang pertama langsung kedistributor PT SSN sebesar 90% dari jumlah hasil panen, dan kedua perusahaan menjual ke pasar tradisional.