Forum DAS Provinsi Lampung dan Perannya

Pada hari Kamis tanggal 2 November 2017, bertempat di gedung Radar Lampung, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si., dan Wakil Direktur Pasca Sarjana Universitas Lampung Dr. Ir. Slamet Budiono, M.S., serta Kepala BPDASLH Lampung Ir. Dustirawan, M.M., menghadiri siaran langsung di stasiun Radar Lampung televisi pada program acara HALO LAMPUNG dengan topik “Forum DAS Provinsi Lampung dan Perannya”.

Terdapat delapan daerah aliran sungai (DAS) yang besar dari lintas kabupaten kota di Provinsi Lampung. Tiap kabupaten kota memiliki program-program pada wilayahnya. Salah satu fungsi Forum DAS adalah proses sinkronisasi dan harmonisasi antara kabupaten didalam wilayah DAS. “Ujar”, Ketua Forum DAS Provinsi Lampung, Prof. Dr. Irwan S. Banuwa. 

Didalam Forum DAS Lampung terdapat beberapa komponen, diantaranya: para akademisi, perguruan tinggi Unila, para praktisi dari biogas, BPEDAS Lampung, Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan Media Massa Radar Lampung.

Tiap komponen dalam Forum DAS dapat bekerjasama dengan stakeholder untuk membuat program-program yang ada dilintas kabupaten, sehingga secara bersama dapat tercipta sinkronisasi dan harmonisasi. “Ujar”, Wakil Ketua Forum DAS Lampung, Dr. Ir. Slamet Budiono, M.S.

Forum DAS diamanahkan sebagai forum aspirasi masyarakat Lampung, berfungsi untuk menampung aspirasi masyarakat baik dari stakeholder serta memberi masukan terhadap kegiatan pengelolaan DAS di Provinsi Lampung.

Sekretaris Forum DAS Lampung, Ir. Dustirawan, M.M., mengatakan,”bahwa DAS bukan merupakan seperti kanan atau kiri sebuah sungai. Tapi, DAS adalah merupakan wilayah daratan yang satu kesatuan dengan anak-anak sungai. Berfungsi untuk menampung, menyimpan, dan mengalirkan air kedalam sungai atau danau. Semua wilayah daratan yang ada di Provinsi Lampung masuk kewilayah DAS.

Prof. Dr. Irwan S. Banuwa mengatakan, “contohnya DAS Sekampung, misalkan. Pada bagian hulu, ada diwilayah Kabupaten Tanggamus, kemudian turun kebawah ke Pesawaran, Metro, Pringsewu, Lampung Tengah, Lampung Timur dan terakhir Lampung Selatan. Artinya, DAS meliputi wilayah lintas kabupaten dan kota. Maka sebab itu harus ada forum yang bisa melakukan sinkronisasi antar kabupaten kota tersebut”. “Ujar” Ketua Forum DAS Lampung. Terkait berita Klik SK GUBERNUR LAMPUNG Tentang Pembentukan Pengurus DAS Provinsi Lampung 2017-2021