FP Unila Berkarya dan Berinovasi Untuk Bangsa 2019

Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila), pada hari Selasa tanggal 6 Agustus 2019 melalui Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si. (selaku Dekan FP Unila), Dr. Ir. Abdullah Aman Damai, M.Si. (selaku Wakil Dekan FP Unila Bidang Umum dan Keuangan), dan Rara Diantari, S.Pi., M.Sc. (selaku Ketua Tim Percepatan Perolehan Paten FP Unila) melaksanakan siaran langsung di Radar Televisi dalam program Hallo Lampung dengan topik Berkarya dan Berinovasi Untuk Bangsa (Upaya Fakultas Pertanian Unila dalam Berinovasi).

Diujung tahun 2016, Universitas Lampung (Unila) menyandang sertifikat Akreditasi Institusi A. Sertifikat tersebut menempatkan Unila ke dalam jajaran perguruan tinggi berkualitas tinggi di Indonesia.

Unila telah masuk ke jajaran perguruan tinggi menengah-atas di Indonesia.

Kualitas SDM, prasarana/sarana, kelembagaan, regulasi, dan sumberdaya lainnya di Unila dinilai cukup memadai untuk menghasilkan produk-produk perguruan tinggi berkualitas.

Sejalan dengan program pemerintah melalui Kemenristekdikti, Unila telah mulai melakukan upaya percepatan pengembangan.

Percepatan pengembangan tersebut diperlukan untuk meningkatkan kapasitas dan peran Unila dalam pengembangan iptek, peningkatan kesejahteraan masyarakat, pembangunan nasional, dan peningkatan daya saing bangsa.

Sebagai bagian dari upaya memacu dan memadukan gerak langkah sivitas akademika. Motto baru Unila adalah “Berkarya dan Berinovasi untuk Bangsa”. Peran Unila Setelah Akreditasi A oleh Dr. Ir. Erwanto, M.S. 

Motto tersebut mencerminkan semangat dan motivasi Unila untuk mempersembahkan karya nyata hasil kegiatan tridarma perguruan tinggi yang berkualitas, termasuk lulusan, publikasi ilmiah, produk iptek temerap, gagasan cemerlang, dan lain-lain.

Fakultas Pertanian Universitas Lampung
Unila sudah berada pada posisi Universitas 3.0 (research university) yang tengah beranjak menuju university 4.0 (enterpreneur university).

Hal ini dicirikan pada pola pembelajaran research development melalui pembelajaran yang diperkaya dengan model riset.

Saat ini Fakultas Pertanian Unila (FP Unila) sangat berproduktif dalam melakukan usaha-usaha untuk menunjang perkembangan dengan peningkatan Jurnal Internasional, HKI, dan Paten.

Di tahun 2018 Fakultas Pertanian Unila (FP Unila) telah menorehkan prestasi dengan menghasilkan rekor MURI untuk perolehan HKI terbanyak (101) dalam waktu 4 Bulan. Terkait berita klik Penganugerahan Rekor MURI Perolehan Hak Cipta Terbanyak Dalam Satu Catur Wulan Kepada Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) tahun 2018.

Di tahun 2019 ini, FP Unila kembali memperoleh Rekor MURI untuk perolehan paten sebanyak (26) dalam waktu tercepat (7 bulan 12 hari) penyerahan Rekor Muri akan diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 22 Agustus tahun 2019 bertempat di Gedung Serba Guna Unila.

Maju Cemerlang Faperta Kita.