Jurusan THP FP Unila Menggelar Lomba Inovasi dan Teknologi Pangan 2017 “Peran Generasi Muda dalam Inovasi dan Aplikasi Teknologi Tepat Guna Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan”

Pada hari Sabtu tanggal 7 Oktober betempat di aula pertanian. Fakultas Pertanian Universitas Lampung jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP FP Unila) yang tergabung dalam Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) menggelar Lomba Inovasi dan Teknologi Pangan dengan tema “Peran Generasi Muda dalam Inovasi dan Aplikasi Teknologi Tepat Guna Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan” dalam rangka acara memperingati hari ulang tahun PATPI yang ke-50 tahun.

Peserta lomba inovasi dan teknologi pangan tahun 2017, dibagi menjadi dua tingkat, yaitu:
1. Tingkat SMA se-Lampung dengan total peserta 61 kelompok pemakalah.
2. Tingkat Mahasiswa se-Indonesia dengan total peserta 15 kelompok pemakalah.

Dalam sambutan acara, Dekan Fakultas Pertanian Unila, Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si., yang dalam kesempatannya di wakili oleh Wakil Dekan Bidang Alumni dan Kemahasiswaan, Dr. Ir. Kuswanta Futas Hidayat, M.P., mengatakan,” seperti yang kita ketahui berkaitan dengan masalah pangan, dimana cita-cita bangsa kita ini ingin berdaulat secara pangan. Namun, sebelum berdaulat pangan, maka kita harus mandiri terlebih dahulu, semua ini adalah tugas kita bersama. Sebab kita (FP Unila) yang keberadaannya itu langsung ada dilapangan, maka kita yang harus mandiri terlebih dahulu terkait masalah pangan”.

“Untuk kita bisa mandiri terkait masalah pangan, salah satunya ditopang dengan hal-hal yang berkaitan pada ketahanan pangan. Insya ALLAH, dengan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan masalah pangan seperti lomba inovasi dan teknologi pangan yang diselenggarakan oleh jurusan Teknologi Hasil Pertanian FP Unila, kegiatan ini dapat mewujudkan kedaulatan pangan”.

“Saya berharap adanya kegiatan ini, terutama pada siswa SMA khususnya di Provinsi Lampung untuk bisa lebih mencintai tentang pangan. Sehingga, ketika nanti ada niat untuk belajar tentang pangan. Maka, tidak usah jauh-jauh keluar dari daerah, sebab di Fakultas Pertanian Universitas Lampung pada jurusan THP ini mempelajari tentang teknologi dan inovasi yang berkaitan dengan pangan”. Ujar, Wakil Dekan III Bidang Alumni dan Kemahasiswaan FP Unila, Dr. Ir. Kuswanta Futas Hidayat, M.P.

Ketua Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia cabang Lampung, Dr. Ir. Samsu U. Nurdin, M.Sc. (FP Unila).

Ketua Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia cabang Lampung, Dr. Ir. Samsu U. Nurdin, M.Sc., (FP Unila) mengatakan, “kegiatan lomba inovasi dan teknologi pangan adalah merupakan suatu rangkaian acara pada peringatan Hari Ulang Tahun Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) ke-50 tahun, yang dalam kesempatannya pada tahun ini diadakan di Provinsi Lampung. Semoga kegiatan acara yang kita selenggarakan ini menjadi amal ibadah yang baik untuk kita”. Ujar, Dr. Ir. Samsu U. Nurdin, M.Sc., dalam sambutan acara.

Dari total peserta 65 makalah pada tingkat SMA, juara lomba PATPI ditahun 2017 sebagai berikut:
Juara I diraih oleh SMA Negeri I Seputih Mataram.
Juara II diaraih oleh SMA Negeri I Seputih Mataram.
Juara III diraih oleh SMA Negeri I Terbanggi Besar.
Juara Harapan I diraih oleh SMA Negeri I Bukit Kemuning.
Juara Harapan II diraih oleh SMA Negeri II AL-Kautsar.
Juara Harapan III diraih oleh SMA Negeri I Punduh Pedada.

Dari total peserta 15 makalah pada tingkat mahasiswa se-Indonesia, juara lomba PATPI ditahun 2017 sebagai berikut:
Juara I diraih oleh Universitas Padjajaran Bandung.
Juara II diraih oleh Universitas Brawijaya Malang.
Juara III diraih oleh Universitas Lampung.
Juara Harapan I diraih oleh Universitas Lampung
Juara Harapan II diraih oleh Poltekes Tanjung Karang.
Juara Harapan III diraih oleh Universitas Mulawarman.

 

Maju Cemerlang Faperta Kita.