Jurusan Teknik Pertanian FP Unila Adakan kuliah Umum

Prof. Sigit Supadmo Arif.Jurusan Teknik Pertanian FP Unila, Rabu, 15 Juni 2016, mengadakan kuliah umum di Ruang Aula Fakultas Pertanian Unila, dengan tema “Pengelolaan Air Irigasi Bersih dan Modern”.  Materi kuliah umum disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Sigit Supadmo Arif, M.Eng., seorang pakar irigasi yang juga aktif sebagai Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM), dengan judul  “Gerakan Irigasi Bersih sebagai Organisasi Pembelajar”.

Menurut Prof. Dr. Ir. Sigit Supadmo Arif, M.Eng., gerakan irigasi bersih muncul ketika seorang petani mengeluhkan banyaknya sampah yang mengalir di saluran irigasi pada acara Lokakarya Pemberdayaan P3A/GP3A yang diadakan Kementerian Pertanian. Persoalan sampah memang sangat kompleks, oleh karena itu Fakultas Teknologi Pertanian UGM bersama para alumninya dan para pelaku irigasi di Yogyakarta termasuk juga petani (peran petani sangat penting dalam pengelolaan irigasi) mencoba memecahkan masalah dengan menggagas dilakukannya suatu gerakan irigasi bersih, dan adanya gerakan irigasi besih ini diharapkan sebagai pemicu terbentuknya suatu konsep pemberdayaan organisasi petani pemakai air di satu wilayah administrasi pemerintahan dengan berbagai kewenangan pengelolaan irigasi.

Selanjutnya Prof. Dr. Ir. Sigit Supadmo Arif, M.Eng. menambahkan bahwa gerakan irigasi bersih ini memberikan manfaat antara lain: 1. Terbentuknya suatu gerakan pemberdayaan masyarakat tani yang sadar lingkungan, 2. Terbentuknya suatu konsep operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi partisipatif yang sadar lingkungan di satu wilayah kabupaten dengan berbagai kewenangan pengelolaan.

Selain dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Pertanian FP Unila, kuliah umum juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FP Unila (Dr. Ir. Abdullah Aman Damai, M.Si.), Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FP Unila (Dr. Ir. Kuswanta Futas Hidayat, M.P.), dan Ketua Jurusan Teknik Pertanian FP Unila (Dr. Ir. Agus Haryanto, M.Si.), dengan jumlah peserta secara keseluruhan sebanyak 220 orang.

Susana Peserta Kuliah Umum TEP FP UNILA 2016