Lokakarya Kurikulum Budidaya Perairan 2016-2020

Foto Bersama Dekan dan Dosen Budidaya Perairan FP UNILA

Foto Bersama Dekan dan Dosen Budidaya Perairan FP UNILA dalam lokakarya kurikulum tahun 2016-2020 dengan tema Lokakarya Penyesuaian Kurikulum Mengacu Pada KKNI

Upaya peningkatan terhadap Negara Indonesia yang melekat dimata dunia sebagai negara maritim terbesar didunia serta peran penting lembaga pendidikan tinggi Fakultas Pertania khususnya pada Program Studi Budidaya Perairan dalam Lokakarya Kurikulum tahun 2016-2020 yang digelar pada hari Rabu (23/3/2016) diruang sidang Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Membentuk Program Studi Sumberdaya Aquatik sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) guna mencetak lulusan sarjana yang nantinya dapat bersaing secara global.

Sebagai basis utama lembaga pendidikan tinggi terbaik di Provinsi Lampung yang mencetak anak bangsa berkualitas dalam proses belajar kepada Mahasiswa serta meningkatkan kualitas penelitian bagi Mahasiswa, perguruan tinggi khususnya FP UNILA pada Lokakarya Kurikulum Program Studi Budidaya Perairan tahun 2016-2020 merancangan Program Studi Akuatik yang mengacu pada peraturan Presiden RI No 8 tahun 2012 tentang KKNI dan Permendikbud RI No.73 tahun 2013 tentang penerapan KKNI bidang pendidikan tinggi serta hasil perumusan sarjana perikanan dan kelautan yang dilakukan Forum Pimpinan Perguruan Tingg Perikanan dan Kelautan Indonesia (FP2TPKI).

Berkenaan dengan peraturan tersebut peran penting FP UNILA khususnya para Dosen pada jurusan Budidaya Perairan membuat program studi Sumberdaya Akuatik dengan mempertimbangkan sesuai perkembangan IPTEKS, kebutuhan dunia kerja, kaidah-kaidah yang berlaku dalam bidang pengelolaan sumberdaya Akuatik secara nasional dan internasional yang nantinya dimiliki oleh para lulusan sarjana pertanian pada jurusan Budidaya Perairan FP UNILA.

Misi dan tujuan Program Studi Sumberdaya Akuatik yang dimiliki FP UNILA ini dapat menjamin berlangsungnya proses pembelajaran yang tidak hanya sekedar suatu proses transfer pengetahuan saja, melainkan proses pembekalan kepada Mahasiswa berupa metode penyelidikan pada suatu penelitian Mahasiswa.

Adapun Profil dan Lulusan Program Studi Sumberdaya Aquatik dalam dunia kerja adalah menjadi:
1. Pengelola Sumberdaya dan Lingkungan Perairan (birokrat).
2. Pengkaji/Peneliti.
3. Akademisi.
4. Wirausaha.

Analisis Profil diatas memiliki kompetensi utama dan kompetensi pendukung yaitu sebagai berikut:
1. Pengelola Sumberdaya dan Lingkungan Perairan (birokrat) ; Kompetensi utama mampu menerapkan prinsip manajemen sumberdaya dan lingkungan perairan secara berkelanjutan. Memiliki pengetahuan manajemen dan kemampuan kepemimpinan. Kopetensi pendukung mampu merancang konsep dan model pengelolaan. Menguasai berbagai perangkat kebijakan, hukum dan perundang-undangan dalam pengelolaan sumberdaya. Mampu mengambil keputusan dalam menentukan sistem pengelolaan sumberdaya perairan secara ilmiah dan mandiri.

2. Pengkaji/peneliti ; Kompetensi utama mampu mengidentifikasi, menganalisis dan merumuskan penyelesaian masalah manajemen sumberdaya dan lingkungan perairan. Menguasai berbagai metode manajemen sumberdaya dan lingkungan perairan. Kompetensi pendukung mampu menghitung dan menganalisis melakukan stok ikan, menghitung valuasi pemanfaatan sumberdaya perairan. Mampu menentuka dan membuat evaluasi dampak kegiatan terhadap lingkungan perairan. Mampu mengukur tingkat pencemaran dan kualitas perairan. Menganalisis kriteria peruntukan, menghitung daya dukung perairan untuk kegiatan perikanan, kawasan konservasi dan ekowisata. Membuat model hidrodinamika, model ekosistem dan menyajikannya kedalam bentuk SIG.

3. Akademisi ; Kompetensi utama mampu mengkomunikasikan gagasan dan pengetahuan di bidang manajemen sumberdaya dan lingkungan perairan. Memiliki kepekaan dan tanggung jawab untuk menyebarluaskan pengetahuan tentang manajemen sumberdaya dan lingkungan perairan. Kopetensi pendukung mampu bersikap dan berprilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang keahliannya maupun dalam kehidupan bersama masyarakat tentunya.

4. Wirausaha ; Kompetensi utama  memiliki kepekaan terhadap peluang usaha/peningkatan nilai ekonomi dari sumberdaya akuatik. Memiliki kemampuan pengelolaan sumberdaya akuatik secara berkelanjutan. Kopetensi pendukung  memiliki keunggulan manajerial dan memiliki daya inovasi dan kreativitas terhadap penciptaan lapangan pekerjaan baru. memiliki kemampuan berkomunikasi dan berorganisasi.

Mari kita dukung kedaulatan maritim Indonesia sebagaimana peninggalan dulu nenek moyang kita.
Maju Cemerlang Fapertaku Universitas Lampung

Prof. Irwan Sukri Banuwa Pada saat acara Lokakarya Prodi Budidaya Perairan

“Saya ucapkan terima kasih kepada para mitra/stakeholder yang sudah meluangkan waktu untuk merancang Kurikulum program studi Budidaya Perairan 2016-2020 di Fakultas Pertanian Kita tercinta ini” kata Dekan FP UNILA Prof. Irwan Sukri Banuwa pada saat acara Lokakarya Kurikulum Prodi Budidaya Perairan dan Prodi Sumberdaya Akuatik tahun 2016-2020

Suasana Lokakarya Budidaya Perairan 2016-2020

Suasana Lokakarya Kurikulum PS Budidaya Perairan dan PS Sumberdaya Akuatik tahun 2016-2020 dihadiri oleh sepuluh Mitra yang terdiri dari para Alumni dan stakeholder

kajur Budidaya perairan Ir. Siti Hudaidah, M.Sc

Kajur Budidaya Perairan Ir. Siti Hudaidah, M.Sc. tengah memaparkan Program Studi Budidaya Perairan tahun 2016-2020 kepada para mitra/stakeholder

Herman yulianto, S.Pi., M.Si

Herman yulianto, S.Pi., M.Si pada saat memaparkan program studi Sumberdaya Akuatik tahun 2016-2020 kepada para mitra/stakeholder

Lokakarya Prodi Budidaya Perairan

Lokakarya Kurikulum Prodi Budidaya Perairan dan Prodi Sumberdaya Akuatik dihadiri Para Mitra/Stakeholder diantaranya ialah: 1. Dinas Peternakan dan Perikanan Lampung Tengah. 2. Central Pertiwi Bahari (CPB) 3. Mitra Bahari. 4. PPB Tulangbawang Barat. 5. Polinela Lampung 6. DKP Pesawaran Lampung 7. Balai Besar Perikanan Budidaya Laut. 8. DKP Metro Lampung. 9. PT. Matahari Sakti. 10. Watala Lampung

Dr. Suciantoro pada saat memberi masukan kurikulum prodi Budidaya perairan dan Prodi Sumberdaya Akuatik 2016-2020

Dr. Suciantoro sebagai Narasumber pada acara Lokakarya Kurikulum Prodi Budidaya Perairan dan Prodi Sumberdaya Akuatik FP UNILA

Awaludin, A.Md, SE., Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Metro Lampung selaku Narasumber pada acara Lokakarya Kurikulum Prodi Budidaya Perairan dan Prodi Sumberdaua Akuatik FP UNILA

Awaludin, A.Md, SE., Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Metro Lampung selaku Narasumber pada acara Lokakarya Kurikulum Prodi Budidaya Perairan dan Prodi Sumberdaya Akuatik FP UNILA

Zainal perwakilan dari Central Pertiwi Bahari selaku Narasumber Lokakarya kurikulum Prodi Budidaya Perairan dan prodi Sumberdaya Akuatik

Zainal perwakilan dari Central Pertiwi Bahari selaku Narasumber pada acara Lokakarya Kurikulum Prodi Budidaya Perairan dan prodi Sumberdaya Akuatik

DSC04183

“Kami siap menerima Mahasiswa Prodi Budidaya Perairan dan Prodi Sumberdaya Akuatik FP UNILA untuk magang atau PKL di Dinas Kami” kata perwakilan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Lampung Tengah