Mahasiswa KKN Tematik Unila Adakan Penyuluhan Pertanian di Tanggamus

Friday, 10 August 2012 11:11

kkn pertanian-ngudiwaluyo-blogspot-com

KKN Penyuluhan Pertanian (Foto:ngudiwaluyo.blogspot.com

(Unila): Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Lampung (Unila) tahap kedua tahun 2012 yang ditempatkan di Pekon Banjar Manis, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan kegiatan penyuluhan pertanian. Kegiatan yang berlangsung Selasa (7/8) ini merupakan salah satu program pokok di sektor pertanian yang berlokasi di Balai Pekon Banjar Manis.Tim ini terdiri dari 9 orang mahasiswa dari berbagai fakultas di Unila. Mahasiswa dari Fakultas Pertanian antara lain: Budi Dermawan (Tek. Hasil Pertanian), Anise Wulandari (Agroteknologi), Mutiara Putri (Agribisnis), Maryunis (Budidaya Perairan), dan Rahmadi Saputro (Peternakan). Kemudian, 2 orang dari FMIPA yakni Stephanie (Kimia) dan Chintya Rahmawati (Biologi). Sementara dari FEB adalah Dara Inda S (Akuntansi) dan dari FISIP yakni Tiara Mailiza (Ilmu Pemerintahan).

Dalam kegiatan ini, mereka bekerja sama dengan aparat pekon Banjar Manis serta kelompok tani menghadirkan Tim Klinik Pertanian Keliling Universitas Lampung. Pemateri yang dihadirkan terdiri dari enam dosen Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

“Konsep kegiatan Pertanian yang baik mengedepankan lingkungan, benih, serta nutrisi yang tepat,” ujar Kus Hendarto selaku Tim Klinik Pertanian Keliling Unila. “Kemunculan hama dan penyakit di lahan pertanian merupakan imbas dari tata kelola ketiga hal pokok ini yang tidak baik,” lanjutnya.

Pemecahan masalah yang mendasar adalah dengan mengembalikan sistem bertani organik. Pada kegiatan itu, dilakukan sedikit praktek untuk membuktikan keterkaitan antara pengelolaan lingkungan yang tidak baik dengan kemunculan hama melalui uji pH.

Menurut Budi Dermawan selaku penanggung jawab kegiatan, penyuluhan ini merupakan salah satu pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan menyelesaikan permasalahan seputar budidaya, hama, dan penyakit pertanian. “Dengan sejumlah potensi yang mendukung, maka komoditas Cabai, Kakao, dan Padi merupakan tema pilihan kami,” ujarnya.

“Besar harapan kami dengan adanya kegiatan hari ini akan memberikan wawasan yang lebih luas bagi masyarakat,” tutup mahasiswa jurusan Teknologi Hasil Pertanian ini. [R: Budi Dermawan-HCH]

Sumber:www.unila.ac.id