MAHASISWA PETERNAKAN, FAKULTAS PERTANIAN UNILA KUNJUNGI ILDEX 2019 DI BSD TANGERANG

 

Sebanyak 145 mahasiswa Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung angkatan 2016 dan 2017 melakukan EXPO FARM VISIT ILDEX. Kegiatan tersebut merupakan kunjungan ke event ILDEX (The 4th International Livestock, Dairy, Meat Processing, and Aquaculture Exposition) pada 18 sampai 19 September 2019. Acara ILDEX yang diselenggarakan di BSD City, Indonesia Convention Exhibition (ICE) di Jalan T.B. Simatupang, Tangerang bertujuan antara lain mengedukasi publik dan anak-anak tentang pentingnya asupan protein hewani.

Seminar dari berbagai perusahaan swasta, organisasi profesi, dan akademisi serta pameran peternakan dan perikanan digelar dalam acara bertaraf internasional yang berlangsung mulai 18 sampai 20 September 2019.

Hal tersebut yang mendorong pihak Jurusan Peternakan dan Fakultas Pertanian Unila memberikan ijin dan fasilitas kepada mahasiswa untuk menghadiri acara tersebut.

Menurut Syahrio Tantalo, dosen Jurusan Peternakan Unila selaku ketua rombongan, acara tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa peternakan guna memperluas wawasan mereka terhadap bidang peternakan yang berkembang pesat.

“Perkembangan industri peternakan, mulai dari pakan, feed additive, perlengkapan kandang, obat-obatan, vaksin, pengolahan limbah, pemuliaan ternak sampai media pemberitaan peternakan di dalam dan luar negeri berkembang sangat cepat”, ujarnya. Mahasiswa tidak boleh “kuper”, tambahnya.

Didampingi enam orang dosen (Syahrio Tantalo, Akhmad Dakhlan, Farida Fathul, Khaira Nova, Riyanti, dan Sulastri), mahasiswa menuju lokasi ILDEX pada Selasa malam (17/09/2019) menggunakan tiga armada bus.

Rombongan mahasiswa tersebut sudah melakukan pendaftaran secara online seminggu sebelum acara berlangsung. Sesampainya di lokasi mereka tinggal melakukan registrasi untuk mendapatkan tanda pengenal resmi dari panitia ILDEX. Acara pembukaan ILDEX yang diresmikan oleh perwakilan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan diikuti rombongan.

Seminar yang diikuti mahasiswa antara lain tentang perkembangan perunggasan di Indonesia yang digelar oleh Pinsar Petelur Nasional (PPN) dengan pemateri Ir. Yeni Sulistiyani (pelaku usaha peternakan di Lampung) dan Prof. Muladno (Guru Besar IPB).

Selain itu rombongan juga mengikuti seminar dengan topik “Pengembangan Rumpun Baru Sapi Potong Indonesia: Keberhasilan dan Tantangan Masa Depan” dengan pemateri drh. Kurnia Achyadi, M.S. dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

Acara ILDEX 2019 diikuti 12.200 perusahaan dari 40 negara, menyelenggarakan 48 sesi seminar, menggelar promosi 250 perusahaan internasional, dan dihadiri 80 pebisnis yang bergerak dalam bidang peternakan dan perikanan.

Mahasiswa dan Dosen Peternakan Unila berpose bersama pemateri (Ir. Yenni Sulustiyani  berbaju merah) dan Prof. Muladno serta peserta seminar perunggasan yang digelar oleh Pinsar Petelur Nasional 

Mahasiswa Peternakan Unila menyimak materi seminar perunggasan yang diselenggarakan oleh Pinsar Petelur Nasional (PPN)

Ikatan Sarjana Peternakan (ISPI) ambil bagian dalam pameran pada ILDEX 2019

Dosen dan mahasiswa Peternakan Unila menyimak pidato pembukaan ILDEX 2019