Pelestarian Hutan Mangrove Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat “Faperta Berkarya di Radar TV Lampung”

Pada hari Kamis tanggal 3 Mei tahun 2018 bertempat di Radar Lampung Televisi. Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) melalui Dr. Indra Gumay Febryanto, Dr. Agus Setiawan, dan Dian Iswandari, S.Hut., M.Sc., menghadiri program siaran Faperta Berkarya Live di Radar Lampung Televisi dengan topik “Pelestarian Hutan Mangrove Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat”.

Sebagian besar mangrove telah dieksploitasi secara komersial dan area mangrove sebagai sumberdaya lahan juga telah dikonversi untuk penggunaan lainnya (pertanian, perikanan, urbanisasi, pertambangan, dan tambak garam) yang sering menimbulkan konflik kepentingan di antara penggunanya; dimana dibeberapa tempat eksploitasi yang berlebihan dan reklamasi lahan mangrove mengakibatkan degradasi dan hilangnya mangrove.

Defortasi mangrove yang terus berlangsung untuk berbagai kepentingan menunjukkan bahwa ekosistem mangrove merupakan salah satu di antara habitat lahan basah pantai yang mengalami tekanan-tekanan pembangunan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Ekosistem mangrove mempunyai berbagai fungsi penting, diantaranya; sebagai sistem penyangga kehidupan, sumber pangan, pelindung pesisir, menjaga kekayaan keanekaragaman hayati, berkontribusi sebagai pengendali iklim global melalui penyerapan karbon dan lain-laian.

Menyadari peran ekosistem mangrove sebagai salah satu ekosistem lahan basah penting, maka pengelolaan ekosistem mangrove perlu dilakukan secara tepat dan terpadu, sehingga mangrove dapat dikelola secara lestari dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Maju Cemerlang Faperta Kita.