Pembekalan dan Pelepasan (PU) Praktik Umum Mahasiswa FP Unila 2019

Pada hari Selasa tanggal 25 Juni tahun 2019, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si., membuka acara pembekalan Praktik Umum (PU) mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Lampung sebanyak 743 mahasiswa pertanian dari sembilan jurusan ilmu pertanian.

Dalam penyelenggaraan PU (Praktik Umum), mahasiswa FP Unila dibekali materi ilmu kewirausahaan, materi terkait pengembangan diri sehingga para Mahasiswa dapat mengaplikasikan kemampuan secara hardskilldan softskill dilingkungan stakeholeder/instansi yang bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Unila. 

Praktik Umum (PU) merupakan Mata Kuliah Keahlian (MKK) yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa di semua jurusan/program studi dalam lingkup Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

Tujuan PU adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengaplikasikan beragam pengetahuan yang didapat selama kuliah sesuai dengan bidang keahliannya sehingga mahasiswa memperoleh bekal kemampuan operasional yang sangat berguna sebagai calon sarjana.

Materi utama kegiatan PU ditekankan pada kegiatan magang sekaligus menganalisis praktik kerja yang dilakukannya.

Kegiatan PU dirancang untuk memiliki tiga manfaat pokok, yaitu manfaat bagi mahasiswa, manfaat bagi Institusi Perguruan Tinggi, dan manfaat bagi lokasi PU (Instansi/Perusahaan).

  1. Manfaat PU bagi Mahasiswa:
    • Mengaplikasikan pengetahuan/teori kuliah dalam kehidupan nyata bidang pertanian sesuai dengan bidang keahliannya.
    • Memperoleh pengalaman dan keterampilan operasional yang akan membentuk jiwa kewirausahaan dan profesional.
    • Mendewasakan proses berpikir praktikum dalam menelaah masalah yang terdapat di dalam bidang keilmuannya secara pragmatis ilmiah.
  1. Manfaat PU bagi Perguruan Tinggi:
    • Memperoleh umpan balik berupa informasi/teknologi dan hal-hal lain yang relevan sebagai hasil kerja dan interaksi antara instansi dan mahasiswa maupun institusi.
    • Memperoleh bahan dasar bagi studi pengembangan pendidikan.
    • Memperoleh media promosi bagi calon sarjana yang berkualitas.
    • Memperoleh media kerjasama antara perguruan tinggi dan instansi/perusahaan.
  1. Manfaat PU bagi instansi/perusahaan/lembaga lokasi PU:
    • Memperoleh bantuan tenaga kerja sementara yang mempunyai latar belakang pendidikan yang memadai, dan relevan dengan bidang usaha.
    • Memperoleh kesempatan untuk menjaring calon tenaga kerja potensial dan terdidik.
    • Memperoleh bahan masukan/umpan balik dari peserta PU atau institusi Perguruan Tinggi sebagai sarana kontrol kebijakan.
    • Memperoleh media sosialisasi program dan promosi produk instansi/perusahaan pada dunia luar melalui Institusi Perguruan Tinggi.

Maju Cemerlang Faperta Kita.