Potensi Bio- Prospeksi Sumber Daya Kelautan Untuk Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung

Pada hari Kamis tanggal 18 Januari tahun 2018, Jurusan Perikanan dan Kelautan Fakultas Pertanian Universitas Lampung melalui Ibu Esti Harpeni, ST, M AppSc. (selaku Ketua Program Studi Ilmu Kelautan FP Unila), Moh. Mohaemin, SPi., M.Si., dan Eko Efendi, ST., M.Si., (Selaku Dosen Prodi Ilmu Kelautan) menghadiri program acara Faperta Berkarya Live On Radar Televisi Lampung membahas topik tentang Potensi Bio- Prospeksi Sumber Daya Kelautan Untuk Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung.

Tingginya keanekaragaman hayati baik yang berada di daerah terestial maupun laut menjadi sektor penting nagi kehidupan manusia, karena dari keanekaragaman tersebut banyak sekali unsur unsur yang dapat dimanfaatkandalam bidang apapun.

Sehingga, upaya penyelamatan seperti melindungi gen, spesies habitat ataupun ekosistem menjadi mutlak untuk dilakukan. Dengan menyelamatkan keanekaragaman hayati tersebut merupakan cara untuk mencegah terjadinya kerusakan ekosistem alam serta melindunginya secara efektif.

Bioprospeksi merupakan suatu kegiatan eksplorasi, koleksi, penelitian, dan pemanfaatan sumber daya genetik dan biologi secara sistematis guna mendapatkan sumber-sumber baru senyawa kimia, gen, organisme, dan produk alami lainnya yang memiliki nilai ilmiah dan atau komersial tanpa mengesampingkan pelestarian dari keanekaragaman hayati tersebut.

Dengan adanya kegiatan bioprospeksi ini, perkembangan industri di dunia akan semakin pesat, karena dapat memanfaatkan sumber daya yang renewable dan produk yang dihasilkan bersifat alami dan juga baik bagi lingkungan khususnya di wilayah Provinsi Lampung. Klik berita terkait

Maju Cemerlang Faperta Kita.