Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M. S.

prof.wan abbas dan mentan suwono dlm semirata 2014 watermark

Mentan RI Ir. Suwono dan Dekan FP Unila Prof. Wan Abbas Zakaria dalam Semirata BKSB Bid.Ilmu Pertanian 2014

Prof. Dr. Ir Wan Abbas Zakaria, M.S., kelahiran Tanjung Karang 26 Agustus 1961 merupakan salah satu Guru Besar/Profesor Universitas Lampung Bidang Keahlian Ekonomi Pertanian.

Pendidikan Doktor/S3 dan Magister/S2 Ekonomi Peranian di Institut Pertanian Bogor, Pendidikan Sarjana/S1 Sosial Ekonomi Pertanian di Fakultas Pertanian Universitas Lampung.  Prof. Dr. Ir Wan Abbas Zakaria, M.S., merupakan dosen tetap di Fakultas Pertanian dan mengampu mata kuliah diantaranya Pengantar Ilmu Ekonomi, Ekonomi Pertanian, Pembangunan Pertanian, dan Perdagangan Internasional.

Penelitian Unggulan yang pernah dilakukan diantaranya:

– Analisis Biaya, Keuntungan, Daya Saing Produk Minyak Sawit (Crude Palm Oil) di Provinsi Lampung (Studi Kasus pada PTPN VII Unit Usaha Bekri). Prosiding Semirata BKS PTN Wilayah Barat, Untirta Serang Banten.

– Analisis Cadangan Beras Masyarakat di Lampung.  Jurnal SOCA Fakultas Pertanian Universitas Udayana Denpasar. ISSN 1411-7177 Vol.9 No. 2 Hal 178-185. Edisi Juli 2009. Terakreditasi DIKTI No.108/DIKTI/Kep/2007. (Mandiri). dan lain-lain

Publikasi Nasional maupun International yang pernah dilakukan diantaranya:

– Ekonomi Makro (Buku Ajar) dan Penataan Kelembagaan, Kunci Peningkatan Dayasaing Agribisnis Indonesia. Orasi Ilmiah sebagai Guru Besar Ilmu Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

– Efficiency Analysis of Maize Production and Marketing in East Lampung, Indonesia. International Seminar University of Sidney, Australia, 2008. dan lain-lain.

Jabatan yang pernah diemban adalah Dekan Fakultas Pertanian Periode 2012-2016 (yang bersinergi dengan Prof. Dr. Ir Dermiyati, M.Agr.sc.   sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama, Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si. sebagai Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan dan Ir. Syahrio Tantalo, M.P. sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) dan Periode 2008–2012 (yang bersinergi dengan Dr. Erwanto sebagai Pembantu Dekan I, Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si. sebagai Pembantu Dekan II dan Dr. Tamaluddin Syam sebagai Pembantu Dekan III) dan Pembantu Dekan III Fakultas Pertanian Tahun 1999. Organisasi yang diikuti diantaranya Pramuka, MUI, Masyarakat Agribisnis Jagung, dan Ikatan Sarjana Pertanian Universitas Lampung.

Program Unggulan selama menjabat Dekan FP Unila diantaranya Redesign dan Peningkatan Sarana dan Prasarana, Payung (Prioritas Penelitian FP Unila), Produksi dan Pemanfaatan Biomassa Tropika Berkelanjutan, Penjaminan Mutu Fakultas, dan Center of Excellent.  Sejak Tahun 2009 FP Unila mengembangkan Program Student Ambassador (Duta Mahasiswa).  Student Ambassador ini direkrut dan dibekali kemampuan untuk melaksanakan kegiatan promosi FP Unila kepada siswa Sekolah Menengah Atas.

Hingga saat ini FP Unila mempunyai 1 Program Studi Doktor Ilmu Pertanian, 2 PS Magister yaitu Magister Agronomi, Magister Agribisnis, Magister Teknologi Industri Pertanian, Magister Sumberdaya Alam, dan Magister Ilmu Kehutanan, 7 PS Sarjana yaitu PS Agribisnis, PS Agroteknologi, PS Teknologi Hasil Pertanian, PS Peternakan, PS. Teknik Pertanian, PS. Kehutanan, PS. Budidaya Perairan dan 1 PS. D3 Perkebunan.  Akreditasi Program Studi di FP Unila yang sudah tercapai diantaranya Akreditasi “A” untuk PS Agribisnis, “A” untuk PS Teknologi Hasil Pertanian, “B” untuk PS Agroteknologi, Peternakan, Kehutanan, Teknik Pertanian, dan Budidaya Perairan, dan D3 Perkebunan.

Beberapa laboratorium telah berkembang pesat, misalnya Lab. Tanah, Lab. Ilmu Tanaman, Lab. Pengolahan Hasil Pertanian, dan Lab. Teknologi Benih. Pada akhir 2005 telah dilaksanakan kegiatan lokakarya manajemen laboratorium untuk meningkatkan kinerja dan membangun sistem sharing fasilitas laboratorium di lingkungan FP Unila. Hasil lokakarya tersebut antara lain penggabungan beberapa laboratorium dalam satu manajemen, sehingga pada 2006 FP Unila hanya memiliki 19 laboratorium. Yang terbaru di tahun 2015 adalah Laboratorium Analisis Pangan Segar merupakan salah satu yang terbaik di kawasan Asia, alat-alatnya didatangkan dari Jepang dan FP Unila satu-satunya perguruan tinggi negeri yang ditunjuk pemerintah daerah sebagai acuan untuk mengeluarkan sertifikat pangan segar.

Pada tahun 2009 Fakultas Pertanian mengajukan hak kelola lahan (di sekitar Masjid Al Wasi’i) ke Universitas Lampung dan disetujui seluas 6,2 hektar menjadi Laboratorium Lapang Terpadu.  Laboratorium Lapang terpadu ini digunakan menjadi tempat Praktikum dan Penelitian para Dosen dan Mahasiswa dan menjadi “show window” dan early agro education bagi Fakultas Pertanian bahkan bagi Universitas Lampung.  Kelengkapan Laboratorium Lapang Terpadu diantaranya Jalan Paving Block; Kavling Lahan untuk praktikum dan penelitian, Instalasi Air Bersih, Kolam Ikan, Sawah, Kandang Ternak, Stasiun Klimatologi; Gudang Peralatan Pertanian, Saung Permanen; Kantor dan lain-lain.

Selama menjabat Dekan FP Unila telah banyak melaksanakan kerjasama dan studi banding Nasional dan Internasional diantaranya dengan Pemerintah Provinsi Lampung dalam Program Klinik Pertanian, Pemerintah Kabupaten diantaranya dengan Kabupaten Way Kanan dan Tulang Bawang Barat untuk mengembangkan kerjasama di bidang pendidikan dan pengembangan di bidang pertanian.

Kerjasama dengan Universitas dari Dalam Negeri dan Luar Negeri (Amerika, Jepang, Perancis, dan Malaysia) dalam bentuk riset dan akademik, seperti pertukaran mahasiswa, dosen dan peneliti, diantaranya dengan Auburn University, University of Kentucky, Yokohama National University, Gifu University, Kyoto University, University of Montpellier, Malaysian Agri Tech, Universiti Putra Malaysia, Universitas Trengganu.  Kerjasama dengan Perusahaan di Lampung dan Luar Lampung diantaranya dengan PT. Pupuk Sriwidjaja, PT. Dupont, PT. Paragon, PT. Medion dll.

Universitas Lampung dan khususnya FP Unila menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan Semirata Dekan BKS PTN Wilayah Barat Bidang Ilmu Pertanian Tanggal 18–21 Agustus 2014 yang bertempat di Hotel Sheraton, Hotel Emersis dan di Fakultas Pertanian Unila yang menampilkan pembicara/keynote Menteri Pertanian Republik Indonesia, Direktur Utama PT Great Giant Pineapple Lampung, Direktur Utama PT Gunung Madu Plantations Lampung, Pembicara dari Asian Agri, pembicara dari Dupont, Pembicara dari Yokohama University Jepang, Pembicara University of Kentucky, Kegiatan Rapat Tahunan Dekan, Sesi Poster, Lomba Skripsi Mahasiswa dan Fieldtrip ke penghasil Nanas terbesar di Asia Tenggara PT Great Giant Pineapple di Lampung Tengah. Prof. Dr. Ir. Yusnita, M.Sc. (FP Unila) meraih Terbaik II Katagori Poster, dan Septiana Triyani, Yusnita, Rugayah (FP Unila) Terbaik I Katagori Lomba Skripsi.  Sebelumnya Prof. Ainin Niswati meraih Pemakalah Terbaik I di Semirata BKSB Bidang Ilmu Pertanian di Pontianak 18-24 Mei 2013.

Kemudian Prestasi dan Penghargaan yang diraih FP Unila diantaranya Paten HAKI dengan inventor Prof. Dr. Ir. Muhtarudin, M.S.; Ir. Liman, M.Si.; Ir. Yusuf Widodo, M.P.; Ir. Ali Husni, M.P.dengan judul “Proses Pembuatan Mineral Mikro Organik Untuk Pakan Ternak” dan penghargaan Dr. Ir. Agus Haryanto, M.P., Dosen Jurusan Teknik Pertanian FP Unila meraih Juara 1 pada perlombaan yang diadakan oleh BAPPEDA Provinsi Lampung di kategori Peneliti, dengan judul “Rancang Bangun Kompor Gasifikasi Biomassa”.

Delegasi mahasiswa FP Unila yang dikirim untuk berlomba di ajang dalam dan luar negeri dan memperoleh penghargaan diantaranya Terbaik 2 Lomba Poster dengan judul “Rumah Baca Harapan” dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa 2013 di Lombok Nusa Tenggara Barat, Mahasiswa FP Unila memborong semua Trophy Karya Inovasi Mahasiswa 2014, Mahasiswa FP Unila meraih peringkat 70 mewakili Indonesia dari 400 negara dalam Lomba Scrabble Dunia 2013 di Rep.Czech., Dian Fajar Lestari (Mahasiswi TEP 2012) meraih juara 3 pada perlombaan Teknologi Tepat Guna 2014 yang diadakan oleh BAPPEDA Provinsi Lampung, pada kategori umum dan mahasiswa.

FP Unila juga sering menerima kunjungan mahasiswa dari dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka studi banding maupun kerjasama diantaranya kunjungan mahasiswa Agroteknologi Universitas Bangka Belitung, kunjungan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Musirawas, dan kunjungan mahasiswa dari University of Kentucky dalam program “Summer of Course”.

Penghargaan yang diraih FP Unila Tahun 2013  diantaranya:

1. Fakultas Pertanian, Dekan Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., Terbaik 2 Mutu Kinerja dan Pelaksanaan Penjaminan Mutu Tingkat Universitas Lampung Tahun Akademik 2012/2013.

2. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Si., Terbaik 1 Katagori Gugus Penjaminan MutuTingkat Universitas Lampung Tahun Akademik 2012/2013.

3. Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Ketua Jurusan Ir. Susilawati, M.S., Terbaik 1 Mutu Kinerja Program Studi Program Sarjana/S1 Tingkat Universitas Lampung Tahun Akademik 2012/2013.

4. Jurusan Agribisnis, Ketua Jurusan Dr. Ir. R. Hanung Ismono, M.S., Terbaik 2 Mutu Kinerja Program Studi Program Sarjana/S1 Tingkat Universitas Lampung Tahun Akademik 2012/2013.

5. Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian, Ketua Laboratorium Dr. Ir. Siti Nurjanah, M.Sc., Terbaik 1 Audit Laboratorium Eksata Tingkat Universitas Lampung Tahun Akademik 2012/2013.

6. Laboratorium Analisis Agribisnis, Ketua Laboratorium Ir. Eka Kasymir, M.Si., Terbaik 2 Audit Laboratorium Non Eksata Tingkat Universitas Lampung Tahun Akademik 2012/2013.

7. Dr.  Sri Hidayati, S.TP., M.P., Terbaik 3 Katagori Dosen Berprestasi Tingkat Universitas Lampung Tahun Akademik 2012/2013.

8. Heru Setyawan, S.P., Terbaik 3 Katagori Tenaga Akademik Berprestasi Tingkat Universitas Lampung Tahun Akademik 2012/2013.

9. Mahrus Ali, S.Pi., M.Si. mendapat penghargaan sebagai Dosen Berprestasi Bidang Pembinaan Kemahasiswaan Tahun 2013.

Sedangkan penghargaan yang diraih FP Unila selama tahun 2014 adalah:

1. Fakultas Pertanian, Dekan Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., Terbaik 3 Kinerja dan Pelaksanaan Penjaminan Mutu Fakultas.

2. Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Ketua PS Ir. Susilawati, M.S., Terbaik 1 Program Sarjana.

3. Program Studi Agribisnis, Ketua PS Dr. Ir. F. Erry Prasmatiwi, M.P., Terbaik 2 Program Sarjana.

4. Program Studi Magister Teknologi Industri Pertanian, Ketua PS Ir. Netti Yuliana, M.SI., Ph.D., Terbaik 2 Program Magister.

5. Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian, PS THP, Kepala Lab. Dr. Ir. Siti Nurjannah, M.Sc., Terbaik 1 Katagori Lab. Eksakta.

6. Lab. Pengolahan Limbah Agroindustri, PS THP, Kepala Lab. Dr. Eng. Ir. Udin Hasanuddin, M.T., Terbaik 2 Katagori Lab. Eksakta.

7. Ir. Susilawati, M.S., Terbaik 1 Gugus Pelaksanaan Penjaminan Mutu.

8. Dr. Ir. Yusnita, M.Sc., Terbaik 3 Dosen Berprestasi.

9. Dr. Ir. Agus Hariyanto, M.Sc., Terbaik 1 Dosen Pengabdian

10. Prof.Dr.Ir. Soesiladi E. Wibowo, Terbaik 2 Dosen Peneliti.

11. Sopiana, S.Sos., M.Si., Terbaik 1 Pegawai Administrasi Berprestasi

12. Ir. Nur Dewi Anggraini, Terbaik 2 Laboran Berprestasi.

13. Website FP Unila (fp.unila.ac.id), Terbesar ke 2 sumbangan informasi digital ke domain .unila.ac.id yang terindeks mesin pencari.

Baca Juga : Prof. Wan Abbas Zakaria (Dekan FP Unila): Pendekatan ‘Cluster’ dalam Agrobisnis