REUNI ISP UNILA

(Unila): Reuni akbar yang diselenggarakan Ikatan Sarjana Pertanian ( ISP ) berhasil menpersatukan kembali alumni Fakultas Pertanian Universitas Lampung yang telah tersebar di seluruh  Indonesia.  Acara yang berlangsung pada Sabtu ( 15/1) di  Hotel Marcopolo ini berhasil mengumpulkan sekitar 300 alumni yang berasal dari angkatan tahun 1960 sampai dengan tahun 2006.Ucapan selamat, datang dari berbagai angkatan yaitu berbentuk karangan bunga yang menghiasi  halaman depan  hotel yang berlokasi di jalan dr Sosilo No. 4 Bandar Lampung ini. Dengan terselenggaranya acara reuni ini berarti  ISP berhasil menyelenggarakan untuk yang pertama kali sejak  mulai berdirinya sekitar 4 tahun silam.

Dekan FP Prof. Dr.Ir Wan Abas Zakaria, MS., bersama PR III Prof Dr. Sunarto MD. SH.MH., membuka acara makan malam tersebut. Kehangatan suasanan semakin terasa dengan persembahan lagu – lagu yang dinyayikan oleh salah satu alumni FP yang tergabung dalam kepengurusan ISP.

Ketua Pelaksana Reuni Akbar  Ir.  Nasrullah B.S , MM, dalam sambutannya menyebutkan bahwa antusiasme yang besar nampak dengan hadirnya alumni Fakultas Pertanian yang telah berpisah sekian tahun lamanya. “ Jumlah undangan yang tersebar sebanyak 300 telah tersampaikan, sosialisasipun telah dilakukan baik di media cetak maupun elektronik bahkan sampai melalui facebook dan sms.” Jelasnya.

Ir Basri Majid, MM, Menambahkan dalam sambutannya bahwa ISP dibentuk untuk merangkul setiap alumni fakultas pertanian untuk terus berhubungan menjalin kerjasama untuk Lampung yang lebih baik.  “Orang yang sukses adalah orang yang tidak melupakan sejarah. Jaya ISP, Jaya Faperta, jaya Unila.” Tutur Ketua Ikatan Sarjana Pertanian ini.

ISP dalam waktu dekat akan memilki kesekretariatan bernama Gedung Bersama yang saat ini dalam tahap proses 25 persen  pengerjaan yang berlokasi di belakang gedung Dekanat Fakultas Pertanian. Program yang diadakan oleh ISP ini merupakan langkah awal dalam mengembangkan Fakultas Pertanian untuk dapat lebih baik lagi dimana sesuai dengan Visi dari Faperta sendiri yaitu menjadi Top 5 Fakultas Pertanian di Indonesia pada tahun 2025.

“Fakultas Pertanian pada tahun 2009 telah masuk dalam tujuh besar fakultas pertanian di seluruh universitas di Indonesia. Ini merupakan prestasi yang baik dan 2011 ini kita doakan Faperta dapat masuk dalam top 5 fakultas di Indonesia.” Terang Dekan Fakultas Pertanian Prof Dr. Ir Wan Abas Zakaria MS.

Pembantu Rektro III Prof Dr. Sunarto MD. SH,MH.  mengatakan bahwa Universitas akan senantiasa mendukung program ISP karena kegiatan sepeti ini akan semakin mempererat tali persaudaraan antar sesama alumni Fakultas Pertanian. “Fakultas akan besar apabila didukung universitas, kemudian universitas tak akan besar tanpa almamater, almamater tidak dapat besar tanpa alumninya.” Tegasnya.

Panitia membagikan sebuah amplop yang berisikan sticker, Pin dan formulir ikatan sarjana pertanian. Adapun tujuan dari pembagian amplop sendiri adalah untuk mendata seluruh alumni yang telah tersebar. Para alumni juga menyumbangkan uang untuk kegiatan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi namun kesulitan dalam hal finansial.

Banyak yang berkomentar positif seputar kegiatan ini, mulai dari program – program ISP sampai dengan proses penggalangan dana.”Kegiatan seperti ini bagus untuk mempertemukan teman – teman lama, saya baru ketemu teman dari lulus wisuda .Pada acara inilah saya kembali bertemu, semoga lebih banyak lagi alumni Faperta yang dapat hadir.” Ujar Ir Andi Santoso.[Dwi Des Saputra/H, Sumber: Website Unila]