Seminar Nasional “Program Infrastruktur Nasional Pembangunan Daerah” Kerjasama Kantor Staf Presiden dan FP Unila tahun 2018

Kantor Staf Presiden dan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) pada hari Sabtu tanggal 20 Oktober tahun 2018 bertempat di Aula Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) dalam rangka kerjasama menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “Program Infrastruktur Nasional Pembangunan Daerah”.

Seminar yang bertema “Program Infrastruktur Nasional dan Pembangunan Daerah” Tenaga Ahli Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Bapak FX Rudi Gunawan dalam sambutan seminar mengatakan, Seminar Nasional ini akan menampung usulan saran dari stakeholder lokal mengenai perkembangan proyek nasional di Lampung dan dinamika yang terjadi, sehingga bisa menjadi pertimbangan pemerintah pusat menyerap aspirasi daerah.

Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., dalam sambutan seminar mengatakan, bahwa pemerintah Indonesia membangun semua infrastruktur adalah untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat Lampung untuk meningkatkan kualitas hidup.

Sementara itu, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dalam kesempatannya membuka acara yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Provinsi Lampung Ir. Taufik Hidayat, M.M., M.E.P.

Ir. Taufik Hidayat, M.M., M.E.P., menyampaikan, kini kinerja pembangunan bidang infrastruktur di Provinsi Lampung terintegrasi dengan program pembangunan pemerintah pusat, sehingga menciptakan keselarasan pembangunan.

Pembangunan yang kini telah berlangsung di Provinsi Lampung yaitu Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Provinsi Lampung, total sepanjang 252,7 Km. Penanganan infrastruktur jalan dan jembatan, pembangunan irigasi untuk ketahanan pangan serta pembangunan infrastruktur lainnya.

Berbagai pembangunan infrastruktur tersebut merupakan proses berkelanjutan yang akan terus dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung dalam upaya menjadikan Lampung sebagai daerah yang maju dan kesejahteraan masyarakatnya terus meningkat. “Pungkas”, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Provinsi Lampung.

Ada 7 proyek strategis nasional (PSN) untuk Provinsi Lampung.

Yakni program jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar (140,9 kilometer), Jalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang (100 kilometer), Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Bandar Lampung, Bendungan Way Sekampung (operasi 2021), pembangunan saluran suplesi daerah irigasi umpu sistem Waybesai, Bendungan Marga III Lampung Timur dan Kawasan Industri Tanggamus.

Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila).
Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si., dalam seminar menyampaikan 3 (tiga) bendungan baru dalam mendukung infrastruktur nasional yaitu:
1. Bendungan Way Sekampung (Kabupaten Pringsewu).
2. Bendungan Marga Tiga (Kabupaten Lampung Timur).
3. Bendungan Way Umpu (Kabupaten Way Kanan).

Ketiga bendungan baru yang disampaikan Dekan FP Unila dan Ketua Forum Daerah Aliran Sungai Profinsi Lampung (DAS) adalah berfungsi untuk meningkatkan produksi dibidang pertanian khususnya padi, sawah yang ada di Provinsi Lampung.

Narasumber pada seminar nasional yaitu;

1. Tenaga Ahli Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Bapak FX Rudi Gunawan.

2. Ketua Forum DAS Provinsi Lampung Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banua, M.Si. (selaku Dekan Fakultas Pertanian Unila).

3. Ketua Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Lampung Bapak Ilham Mendrofa, S.P., M.M. (Alumni FP Unila).

4. Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Provinsi Lampung Dr. Ir. IB Ilham Malik.

Moderator acara Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S. (selaku Guru Besar FP Unila).

Klik berita terkait 

Maju Cemerlang Faperta Kita.