Sosialisasi kepada Petani Untuk Pertanian Mandiri

kegiatan-ukmf-ls-mata-peduli-petaniPada hari Sabtu, 26 November 2016 Unit Kegiatan Mahasiswa Pertanian Lembaga Studi Mahasiswa Pertanian (UKMF LS-MATA), melakukan kegiatan Peduli Petani yang bertempat di Desa Jati Mulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Acara ini merupakan program kerja Bidang 1 UKMF LS-MATA, yaitu Bidang Hubungan Masyarakat.

Kegiatan UKMF LS-MATA Peduli Petani yang mengusung tema “Gerakan Sosialisasi Melalui LS-MATA Peduli Petani untuk Pertanian Mandiri” berjalan dengan baik.

Acara berlangsung dari tanggal 26-27 November 2016.
Adapun kegiatan ini diawali dengan sosialisasi mengenai hama tanaman dan pengenalan pestisida nabati yang di sampaikan oleh dosen Fakultas Pertanian Universitas Lampung, yaitu Ibu Ir. Lestari Wibowo, M.P.

Acara dilanjutkan dengan pembuatan terrarium kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) dan wawancara terhadap petani yang sedang berada dilahan mengenai pertanian serta masalah yang dialami saat ini, yang dipandu oleh mahasiswa dan mahasiswi panitia LS-MATA Peduli Petani.

Kegiatan pada malam hari yaitu praktek pembuatan pestisida nabati berbahan dasar daun papaya dan buah maja, kegiatan ini bertujuan agar para petani memiliki wawasan tentang pestisida nabati.

Diharapkan dengan acara ini para petani dapat membuat pestisida nabati sebagai solusi pengganti pestisida kimia sintetik dalam pengendalian hama di lahan pertanian.

Setelah kegiatan ini, dilannjutkan dengan nonton bareng mengenai teknik budidaya padi secara S.R.I (System Rice Intensification),  yaitu suatu teknik budidaya padi yang dapat meningkatkan produktifitas padi dengan cara mengubah pengelolaan tanaman, tanah, air dan unsur hara.

Acara pada  hari Minggu 27 November 2016 yaitu sosialisasi pembuatan hidroponik dan vertikultur.

Pembuatan hidroponik bertujuan agar para petani mengetahui budidaya tanaman tidak hanya dilakukan dengan media tanah, tetapi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media air.

Kegiatan pembuatan vertikultur dilakukan agar para petani dapat memanfaatkan barang bekas, terutama botol bekas sebagai pengganti pot.

Selain itu, kegiatan ini juga agar para petani dapat melakukan budidaya tanaman pada lahan yang sempit.

Sumber : Kepala Bidang Hubungan Masyarakat ( Akbar Hamzah ).

mahasiswa-fp-unila-yang-tergabung-dalam-ukmf-ls-mata-2 mahasiswa-fp-unila-yang-tergabung-dalam-ukmf-ls-mata-1

Maju Cemerlang Bersama Faperta Kita.