Test on Training TOEFL Himaseperta

logo himasperta(Unila): Bahasa Inggis bagi sebagian mahasiswa Unila masih dianggap sebagai momok yang menakutkan. Padahal, pada dasarnya, mempelajari bahasa lain (selain bahasa Indonesia) memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Kadang, belajar bahasa daerah lain yang ada di Indonesia ini pun cukup menyulitkan karena perbedaan dialek yang sangat kental. Maka, inti dari belajar memahami bahasa tergantung pada seberapa besar kita ingin berusaha.Pemahaman seperti itulah yang coba disosialisasikan Himpunan Mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian (Himaseperta) Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) pada kegiatannya. Kegiatan tersebut adalah TOEFL Test on Training bekerjasama dengan Sosek English Club (SEC). Kegiatan ini bertema “Prepare For Your Future with SEC.

“Kegiatan ini hanya sebuah suntikan motivasi bagi para mahasiswa Unila untuk siap dalam mengerjakan tes TOEFL yang akan dijalani sebagai syarat wisuda. Kadang-kadang ada mahasiswa yang mengulang ketika ada tes TOEFL bahkan sampai beberapa kali, padahal standar TOEFL Unila bisa dibilang masih belum terlalu tinggi,” papar Tasya, salah satu panitia.

Sebenarnya, lanjut Tasya, kegagalan pada tes TOEFL mahasiswa kadang bukan karena memang tidak bisa. Namun lebih pada pemahaman strategi yang kurang baik dalam mengerjakan tes tersebut. “Ironisnya, banyak yang gagal setelah mengikuti beberapa tes, itukan bisa saja dia tidak tahu teknik mengerjakan tes TOEFL, maka sebenarnya perlu sebuah bimbingan, untuk itulah kegiatan ini diadakan,” terusnya.

Kegiatan ini rencananya akan diadakan pada dua hari untuk dua sesi. Hari pertama, Minggu (20/11) adalah sesi Pelatihan (training) sedangkan hari kedua, Senin (21/11) adalah sesi tes. “Kegiatan pada tiap sesi akan dimulai pada pukul 08.00 di Balai Bahasa Unila,” tambah Tasya. Pendaftaran mulai dibuka pada Selasa-Jumat (15-18/11) ke depan.

Bagi mahasiswa yang berminat bisa langsung mendaftar di sekretariat Himaseperta dan akan dikenakan registrasi sebesar Rp. 45Ribu. Peserta akan mendapat snack dan sertifikat resmi dari Balai Bahasa Unila. Keterangan lebih lengkap bisa langsung menghubungi Tasya (085721021800), Ranny (085214000099), dan Ocy (087899271053). [Andry Kurniawan]

Sumber: www.unila.ac.id Written by Hisna Cahaya, S.I.Kom