Upsus Pajale dan Upsus Siwab 2017 Fakultas Pertanian Universitas Lampung

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri banuwa, M.Si.

Program Pendampingan Mahasiswa/Alumni di Sentra Produksi Pangan Dalam Rangka Swasembada dan Swasembada Pangan Berkelanjutan Melalui Upaya Khusus Luas Tambah Tanam (LTT) Komuditas Padi, Jagung, Kedelai, Bawang Merah, Aneka Cabai, Tebu Dan Upsus Percepatan Peningkatan Populasi Sapi dan Kerbau Bunting (SIWAB) Provinsi Lampung Tahun 2017 Kerjasama Fakultas Pertanian Universitas Lampung dan STPP Bogor.

Pemerintah telah mencanangkan percepatan pencapaian swasembada padi, jagung, kedelai, aneka cabai, bawang, tebu dan Siwab (sapi dan kerbau bunting) pada tahun 2017.

Dengan percepatan pencapaian swasembada pangan dan sentra produksi, Kementerian Pertanian RI turut melibatkan perguruan tinggi.

Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) salah satu dari enam perguruan tinggi yang ditugaskan oleh Kementerian Pertanian RI untuk ikut berperan dalam memajukan kedaulatan pangan di Indonesia.

Melalui program Upsus Pajale dan Upsus Siwab tahun 2017, Mahasiswa/Alumni FP Unila mengawal program pemerintah untuk percepatan pencapaian swasembada pangan dan sentra produksi pangan guna meningkatkan efektivitas pelaksanaan pengembangan padi, jagung, kedelai, daging, bawang, cabai, dan tebu di sentra pangan, serta meningkatkan populasi sapi dan kerbau bunting (Siwab).

Hal ini merupakan upaya pemerintah dalam menghentikan panganan import yang selama ini pengadaannya masih didapat dari negara lain.

Melihat potensi besar yang ada di Provinsi Lampung baik dari segi pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan kehutanan, maka dengan adanya program pendampingan Mahasiswa/Alumni FP Unila yang diselenggarakan atas kerjasama Fakultas Pertanian Unila dengan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Bogor pada tanggal 17-19 April 2017 di Aula FP Unila adalah merupakan kerangka untuk mewujudkan swasembada dan swasembada pangan berkelanjutan di Provinsi Lampung.

Maju Cemerlang Faperta Kita.

Sebanyak 90 Mahasiswa/Alumni fresh graduate yang memiliki kemampuan mumpuni dibidang ilmu pertanian baik secara Hard skill dan Soft killl siap mensukseskan Kedaulatan Pangan melalui Upsus Pajale dan Ubsus Siwab tahun 2017 di Provinsi Lampung.

 

Dari 90 Mahasiswa/Alumni FP Unila dibagi tujuh kelompok serta didampingi Dosen FP Unila pada tujuh wilayah di Provinsi Lampung:

Wilayah Tulang Bawang Barat Dosen Pendamping Dr. Ir. Kuswanta Futas Hidayat, M.P.

Wilayah Lampung Tengah Dosen Pendamping Ir. Syahrio Tantalo, M.P dan Ir. Setyo Widagdo, M.S.

Wilayah Tanggamus Dosen Pendamping Ir. Kus Hendarto, M.S.

Wilayah lampung Selatan Dosen Pembimbing Dr. Ir. Tamaludin Syam, M.S., dan yuliana Saleh, M.P., M.Si.

Wilayah Pringsewu Dosen Pendamping Dr. Ir. Erwanto, M.S.

Wilayah Lampung Timur Dosen Pendamping Duriat, S. Hut, M.Sc.

Wilayah Metro Dosen Pendamping Dr. Serly Silvianti, S.P., M.Si.