FP UNILA GANDENG PUM BELANDA KEMBANGKAN SILABUS KEWIRAUSAHAAN

prof.dermiyati pd1 fp unilaTuntutan untuk meningkatkan soft skill bagi lulusan fakultas pertanian salah satunya dapat dipenuhi dengan meningkatkan kemauan dan kemampuan mahasiswa dalam menciptakan pekerjaan melalui wirausaha. Berbagai upaya telah dilakukan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) untuk mengembangkan kewirausahaan mahasiswa, diantaranya dengan mengembangkan silabus kewirausahaan, menggandeng UKM pertanian hingga rencana pengembangan incubator bisnis pertanian.

Prof. Dr. Dermiyati, M.Agr. Sc. selaku Pembantu Dekan I (Bidang Akademik)  FP Unila mengatakan bahwa mata kuliah Kewirausahaan tidak cukup hanya diberikan satu kali selama kuliah, sehingga Fakultas Pertanian Unila mulai mengembangkan mata kuliah Kewirausahaan Lanjutan yang nantinya dapat ditempuh pada semester 6. “Kami juga mengundang Mr. Pit W.G. Titulaer seorang Senior Experts dari PUM Belanda untuk sharing mengenai pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa pertanian.” Imbuhnya.

Dalam kunjungannya ke Fakultas Pertanian Unila selama dua minggu, Mr. Pit W.G. Titulaer juga sempat melalukan coaching kepada mahasiswa untuk praktik wirausaha, kunjungan lapang ke UKM, diskusi pengembangan produk unggulan Fakultas Pertanian Unila, hingga pembahasan silabus kewirausahan tingkat lanjut dengan dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan di lingkungan Fakultas Pertanian Unila.

Harapannya ke depan, dengan adanya revisi kurikulum kewirausahaan menjadi enam SKS dapat meningkatkan prosentase mahasiswa yang tampil menjadi pengusaha dengan berbekal ilmu pengetahuan (teknopreneur). Sehingga ide dan inovasi usaha yang dilakukan lebih kaya dan beragam, dan bukan hanya menjual hasil bumi tanpa terlebih dahulu memberikan nilai tambah. (roes) Berikut ini foto-foto yang terkait:

pum kewirausahaan

Foto 1. Mengisi materi Kewirausaha pada mahasiswa FP Unila

New Picture

Foto 2. Mengisi materi Kewirausaha pada mahasiswa FP Unila

New Picture (1)

Foto 3. Diskusi KWU bersama Prof. Sutopo Gani N. dan Dr. Afandi

New Picture (2)

Foto 4. Pengembangan Biofertilizer (Mikoriza) bersama Dr. Maria Viva Rini

New Picture (3)

Foto 5. Kunjungan ke Lab. Teknologi Hasil Pertanian bersama Dr. Udin Hasanudin

New Picture (4)

Foto 6. Pengembangan Silabus Kewirausahaan bersama Dosen Pengampu Kewirausahaan di lingkungan FP Unila

New Picture (5)

Foto 7. Pengembangan Silabus Kewirausahaan bersama Dosen Pengampu Kewirausahaan di lingkungan FP Unila

New Picture (6)

Foto 8. Kunjungan dan Diskusi dengan Manajemen PT. Great Giant Pineapple (Produsen Nanas)

New Picture (7)

Foto 9. Kunjungan ke UKM Peternakan Sapi dan Kambing di Natar, Lampung Selatan (Pak Sudarno)

New Picture (8)

10.  Kunjungan ke sentra Pengolah Teri Nasi di Pulau Pasaran, Bandar Lampung