Peningkatan Mutu Unila menuju Sumberdaya Manusia, IPTEK dan Seni yang Unggul untuk Daya Saing Bangsa

penjaringan aspirasi tenaga kependidikan pendidik dan mahasiswa oleh balon rektor unila“Peningkatan Mutu Unila menuju Sumberdaya Manusia, IPTEK dan Seni yang Unggul untuk Daya Saing Bangsa”, itulah tema yang diangkat oleh Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S. (Dekan Fakultas Pertanian Unila) sebagai salah satu dari empat Bakal Calon Rektor Unila dalam acara Penjaringan Aspirasi Tenaga Kependidikan dan Tenaga Pendidik oleh Bakal Calon Rektor Unila di Lapangan Rektorat, 24 Juli 2015.

“Dinamika global dan dinamika dalam negeri bergerak sangat cepat, menuntut daya saing yang tinggi setiap insan/kelompok masyarakat setiap bangsa.  Peranan Perguruan Tinggi sangat penting karena Perguruan Tinggi menghasilkan Sumberdaya Manusia yang unggul dan Produk IPTEK dan Seni yang bisa menghantarkan dalam membangun daya saing bangsa yang bermartabat.”

“Lima pilar penting untuk mewujudkan daya saing yaitu Kelembagaan di PT Ristek Dikti yang berkualitas, menghasilkan inovasi, sumberdaya berkualitas, tenaga terampil, yang akhirnya menghasilkan penelitian dan pengembangan yang langsung berkontribusi bagi masyarakat.  Untuk mencapai hal itu maka yang perlu dilakukan adalah meningkatkan pelayanan prima, upaya percepatan dosen bergelar Doktor, dan Guru Besar, upaya meningkatkan daya serap anggaran yang efisien, optimal dari sistem manajemen Unila, dan upaya percepatan publikasi artikel secara nasional maupun internasional, dengan demikian Unila akan mencapai 10 besar perguruan tinggi di Indonesia tahun 2025 atau 15 besar pada tahun 2020” demikian pemaparan Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., dihadapan para Tenaga Kependidikan dan Tenaga Pendidik Unila.

Sebelumnya pemaparan dalam acara Penjaringan Aspirasi Bakal Calon Rektor Unila juga disampaikan oleh Bakal Calon Rektor Unila yang lainnya yaitu Prof. Suharso, S.Si., Ph.D. (Dekan FMIPA Unila) tentang meraih 10 besar perguruan tinggi negeri tahun 2025, Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P. (Wakil Rektor Bid.Akademik Unila) tentang akselerasi reputasi akademik untuk mengantar Unila menjadi 10 besar perguruan tinggi negeri pada 2025, dan Prof. Dr. Heryandi, S.H., M.S. (Dekan Fakultas Hukum Unila) itu berjanji akan menghasilkan lulusan yang bermutu.

Acara Penjaringan Aspirasi oleh Bakal Calon Rektor Unila merupakan rangkaian Suksesi Kepemimpinan/Rektor di Unila yang diawali dengan Penjaringan dan Pendaftaran Bakal Calon Rektor; Verifikasi Berkas Bakal Calon Rektor; Penjaringan Aspirasi dari Tenaga Kependidikan, Tenaga Pendidik dan Mahasiswa oleh Bakal Calon Rektor; Penyaringan 3 Besar Calon Rektor; dan Pemilihan Rektor oleh Senat dan Menteri.

Penulis/Foto: Heru

Tulisan Terkait: – silahkan klik disini.