Klinik Pertanian Keliling Unila Mendukung Program “Petani Lampung Berjaya”

Dalam upaya mendukung program Gubernur Provinsi Lampung “Petani Lampung Berjaya” Fakultas Pertanian Universitas Lampung bersama Pemerintah Provinsi Lampung kembali melaksanakan program Klinik Pertanian Keliling (KPK).

Program Klinik Pertanian Keliling (KPK) yang merupakan program Fakultas Pertanian Universitas Lampung telah diadakan dari tahun 2010.  Kegiatan KPK merupakan wujud nyata akademisi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di seluruh wilayah di Provinsi Lampung.

Kegiatan Klinik Pertanian Keliling menyediakan penyuluhan terhadap petani pada tingkat kelompok tani/desa/kecamatan dengan menghadirkan dosen-dosen yang ahli dan berpengalaman dibidang pertanian.

Fakultas pertanian memiliki 10 (Sepuluh) bidang keilmuan /jurusan yang siap membantu permasalahan para petani.

Sepuluh bidang keilmuan /jurusan tersebut adalah Jurusan Agroteknologi, Agribisnis, Agronomi & Hortikultura, Ilmu Tanah, Proteksi Tanaman, Peternakan, Perikanan dan Kelautan, Teknik Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian, dan Kehutanan.

Masyarakat di Provinsi Lampung dapat menikmati program Klinik Pertanian Keliling (KPK) secara gratis.

Prosedur pengajuan program Klinik Pertanian Keliling (KPK) dapat mengirimkan surat resmi atas nama kelompok tani/desa/kecamatan beserta melampirkan permasalahan-permasalahan dibidang pertanian yang terjadi.

Pada awal semester pertama tahun 2020 Fakultas Pertanian Universitas Lampung telah melakukan kunjungan sebanyak 45 kali Klinik Pertanian Keliling ke-berbagai wilayah di Provinsi Lampung dengan berbagai tema penyuluhan diantaranya : Permasalahan Kopi, Permasalahan Budidaya Ikan Lele, Kesehatan Hewan, Permasalahan Hama Tanaman Pangan, hingga Penyuluhan dan praktik pembuatan reaktor biogas.  Untuk contoh surat permohonan KPK dan Daftar Kunjungan KPK Semester 1 tahun 2020 dapat dilihat disini

Maju Cemerlang Faperta Kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EnglishIndonesian