Layanan Akademik

Syarat:

  1. Fotokopi slip pembayaran SPP/UKT yang terbaru, legalisir 1 lembar.
  2. KTM, fotokopi legalisir 1 lembar.
  3. Lama proses 1 hari.
  4. Layanan di loket 1 Akademik FP Unila.
  5. Borang unduh disini.

Syarat Cuti Akademik

  1. Permohonan Cuti Akademik
  2. Slip SPP Asli
  3. KTM Asli
  4. Borang unduh disini.
  5. Lembar verifikasi unduh disini

Syarat Perbaikan nilai:

  1. 1. Map (warna apa saja), Lunas SPP/UKT dibuktikan dengan Slip/SK dll dilegalisira Kasubbag Umum dan Keuangan, sebanyak 3 rangkap.
  2. Mencetak/print KRS yang ada mata kuliah yang diperbaiki tersebut, KRS tandatangan PA dan WD I melalui loket akademik, kemudian difotokopi 3 rangkap.
  3. Rincian Nilai Kelas (contoh: Ahmad sampai dengan Zakaria, kuis 5%, UTS 30%, UAS 30%, huruf mutu A) ditandatangani asli tiap lembar nya oleh dosen PJ, kemudian difotokopi 3 rangkap.
  4. Borang Perbaikan Nilai unduh disini.setelah lengkap tanda tangannya silahkan difotokopi 3 rangkap
  5. Surat Pengantar dari Jurusan ditandatangani oleh Kajur/Sekjur perihal perbaikan nilai ditujukan ke Wakil Dekan Bid Akademik dan Kerjasama, contohnya unduh disini, kemudian difotokopi 3 rangkap.
  6. Surat Pengantar ke Rektorat (dibuat oleh petugas loket 3 akademik, setelah poin 1-4 lengkap pakai Map warna apa saja).
  7. Layanan dan konfirmasi surat sudah/belum dikirim ke rektorat silahkan ke Loket 3 Akademik FP Unila.

Pengajuan Pembuatan Surat Ijin Penelitian (Perlakuannya Di Instansi Luar)
Syarat:

  1. Map (warna apa saja).
  2. Surat Pengantar/Permohonan Pembuatan Surat Ijin Penelitian dari Jurusan ke Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) atau ke Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama yang berisi informasi Nama, Alamat, Telpon dan Faximile Instansi yang dituju jika ada, Nama Mahasiswa, NPM, PS, dan Nomor Telpon/HP, judul dan waktu/bulan penelitian, contoh surat unduh disini.
  3. Layanan ini di Loket 3 Akademik FP Unila.

LAYANAN STUDI TERBIMBING
PERATURAN:

  1. Studi Terbimbing hanya dilayani pada saat akhir perkuliahan/ setelah Ujian Akhir Semester (kecuali mata kuliah tersebut tidak ada/ tidak ditawarkan pada jadwal kuliah yang sedang berjalan maka dilayani sepanjang waktu).
  2. Mata kuliah yang diajukan adalah mata kuliah wajib, pernah diambil pada semester sebelumnya dan nilainya masih “E”, maksimal 2 (dua) mata kuliah.
  3. Selain mata kuliah yang distuditerbimbingkan, mata kuliah lainnya harus sudah masuk ke Transkrip Nilai Siakad Online termasuk nilai Seminar Hasil Penelitian.

SYARAT:

  1. Surat Pengantar dari Jurusan mengetahui dosen PA dan Ketua Jurusan perihal Studi Terbimbing ditujukan ke Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama c.q. Kabag TU.
  2. Lunas SPP/UKT dibuktikan dengan melampirkan bukti pembayaran yang dilegalisir oleh Kasubbag Umum dan Keuangan.
  3. Print Out Transkrip yang sudah disahkan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama (lewat loket akademik).
  4. Fotokopi Berita Acara Seminar Hasil Penelitian legalisir Ketua Jurusan jika nilai Seminar Hasil Penelitian belum masuk ke Siakad Online.
  5. Mengisi Borang-borang yang sudah ditentukan.
  6. Layanan ini di Loket 3 Akademik FP Unila.

Syarat:

  1. Surat Permohonan Pengunduran Diri Mahasiswa.
  2. Surat Keterangan Bebas Pinjaman Buku dari Perpustakaan dan Bebas Pinjam Peralatan Laboratorium.
  3. Bukti Pembayaran SPP/UKT Asli dan Fotokopi yang telah dilegalisir yang berwenang.
  4. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Asli dan Fotokopi yang telah dilegalisir yang berwenang
  5. Layanan di Loket 4 Subbag Akademik FP Unila

Syarat:

  1. Permohonan pengajuan perpanjangan masa studi mahasiswa
  2. Bukti Pembayaran SPP/UKT Asli dan Fotokopi yang telah dilegalisir yang berwenang.
  3. Berita Acara Seminar Hasil Penelitian
  4. Draft Skripsi.
  5. Layanan ini di Loket 4 Subbag Akademik FP Unila.
  1. Bukti penyerahan skripsi ke pembimbing, jurusan, perpustakaan Unila/OK Sebar.
  2. Bebas Administrasi.
  3. Sertifikat Kemampuan Berbahasa Inggris (TOEFL)
  4. Transkrip Akhir Fakultas (Transkrip Matahari)
  5. Bukti Pembayaran SPP/UKT Asli dan Fotokopi yang telah dilegalisir yang berwenang.
  6. Layanan ini di Loket 4 Subbag Akademik FP Unila.

Unduh Borang Wisuda disini

Unduh Jadwal Kuliah disini

Unduh kalender akademik disini

Unduh Borang Bebas Sanksi Akademis disini

EnglishIndonesian