Pemprov Lampung Gandeng FP Unila Bangkitkan Kejayaan Lada Lampung

Gubernur Provinsi Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi ajak Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si., untuk ikut menangani permasalahan lada dalam rangka membangkitkan kembali kejayaan lada di Provinsi Lampung.

Gubernur bersama Dekan FP Unila, Pjs Bupati Lampung Timur (Ir. Fredy S.M., M.M.), dan Kepala OPD Provinsi Lampung lingkup pertanian mengunjungi Desa Sukadana Baru, Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur pada hari rabu (18/11/2020).

Gubernur juga menjadikan desa tersebut sebagai daerah percontohan pengembangan komoditas lada di Provinsi Lampung dikarenakan Lampung Timur mampu mempertahankan komoditas lada disaat daerah lain sudah hampir tidak ada.

Gubernur berharap dengan menggandeng FP Unila nantinya ada yang mengawasi dan tidak dikuasai pihak lain. “Yang capek petani tetapi yang menikmatinya pengepul. Sudah kita susah payah merintisnya, begitu panen ada orang datang yang memanfaatkan itu, jangan sampai terjadi,” tuturnya.

Dengan adanya sinergi dari pemerintah dan rakyat serta didukung dengan program unggulan Kartu Petani Berjaya, Gubernur akan membangun Provinsi Lampung melalui ekonomi kerakyatan. Ir. H. Arinal Djunaidi menyebutkan akan memperjuangkan lada dari sisi pemasarannya. “Saya ingin nanti pasarnya akan langsung namun sabar. Saya sudah menjadi Gubernur dan mengerti pertanian tentu harus mengurusi para petaninya,” ucapnya.

Selain lada, Gubernur juga mendorong petani untuk mengembangkan komoditas lainnya seperti kopi, termasuk dikembangkan pula sektor peternakan antara lain ayam, kambing dan sapi.

MAJU CEMERLANG FAPERTA KITA

Berita terkait Bangkitkan Kejayaan Lada Lampung, Gubernur Arinal Jadikan Desa Sukadana Baru Lamtim Sebagai Daerah Percontohan

Klik FGD “Mengembalikan Kejayaan Lada di Way Kanan” FP Unila 2020

EnglishIndonesian