“Faperta Berkarya” Repong Damar Lampung dan Permata Sakti 2020

Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) jurusan ilmu kehutanan melalui Dr. Bainah Sari Dewi, S.Hut., M.P., IPM., dan Drs. Afif Bintoro, M.P., melaksanakan program siaran Faperta Berkarya dengan tema Repong Damar Lampung dan Permata Sakti 2020, Bertempat Radar Lampung Televisi, Kamis, (19/11/2020).

Damar Mata Kucing adalah salah satu icon pohon di Lampung. Damar Mata Kucing (Shorea javanica) ini berada di Lampung tepatnya di Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Aspek pengelolaan hutan yang lestari menempatkan pohon-pohon dari damar mata kucing ini sebagai bentuk lestarinya hutan dan merupakan bentuk kearifan lokal Lampung.

Repong atau kebun menurut istilah Bahasa Lampung, Repong Damar Lampung di Krui ini sudah dikelola lintas generasi, lebih dari tujuh generasi secara turun temurun. Repong damar bermanfaat untuk masyarakat Krui dan masyarakat dunia.

Universitas Lampung melakukan penelitian dalam berbagai aspek seperti aspek konservasi repong damar, dan aspek silvikultur.

Universitas Lampung berperan dengan tri darma perguruan tingginya pada masyarakat Krui dan Program Kampus Merdeka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu PERMATA SAKTI 2020.

Dengan PERMATA SAKTI 2020 ini menjadikan mata kuliah Ekosistem Repong Damar sebagai mata kuliah unggulan Universitas Lampung dan menjadi satu dari delapan mata kuliah Unila yang menjadi mata kuliah Nasional yang dapat diambil oleh seluruh mahasiswa seluruh Indonesia.

Manfaat dari Damar Mata Kucing
Adalah untuk kosmetika, untuk lem, untuk kesehatan Ibu Pasca melahirkan.

Apa saja isi dari Repong Damar
Pohon damar dominan, ditambah dengan tanaman buah-buahan dan tanaman berkayu seperti duren, duku, bayur, dan lain-lain.

Apa yang dimaksud dengan konservasi repong damar
Perlindungan, Pengawetan Flora dan Fauna, serta pemanfaatan secara bijak dan lestari.

Manfaat Repong Damar untuk masyarakat Krui
Getahnya dapat dijual, hasil tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan untuk biaya pendidikan anak, seperti ada anak petani repong damar yang kuliah di Unila S1, dan bahkan mendapat beasiswa S2 dari Unila.

Mata Kuliah Ekosistem Repong Damar di FP Unila
Setiap semester genap, pada semester ganjil 2020, mata kuliah ekosistem repong damar, terpilih dari sekitar 500 mata kuliah di Fakultas Pertanian Unila, untuk ditawarkan secara nasional dalam program Menteri Pendidikan yaitu Permata Sakti 2020.

Arti Program PERMATA SAKTI 2020
Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi. Salah satu program dari Menteri dalam Kampus Merdeka.

Mata kuliah Permata Sakti 2020 Ekosistem Repong Damar di FP Unila oleh Prof Sugeng P. Harianto, Dr. Hj. Bainah sari Dewi, S.Hut., M.P., IPM, Drs. Afif Bintoro, M.P. dan Dr. Hendra Prasetya, S.Hut, M.Sc.

Universitas yang berpartisipasi pada Permata Sakti 2020
Selain FP Unila, Universitas yang berpartisipasi pada Permata Sakti 2020 khususnya Mata Kuliah Ekosistem Repong Damar diantaranya adalah Universitas Patimura Ambon, Universitas Sembilan Belas November Kolaka, Sulawesi Tenggara, Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan dan Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah. Ada tujuh mahasiswa yang bergabung tahun 2020 ini, (sumber FP Unila).

Damar mata kucing
Merupakan jenis tanaman yang cocok di wilayah Provinsi Lampung. Merupakan daerah/wilayah hutan hujan tropis. Damar mata kucing merupakan salah satu jenis pohon family Dipterocarpaceae, family ini merupakan penyusun hutan hujan tropis.

Bagaimana penanaman damar mata kucing
Semai damar mata kucing susah hidup kalau tidak ada jamur mikoriza dan ternaungi, bisa tumbuh sendiri dan bisa ditanam.

Bagaimana mengecambahkan biji
Biji damar mata kucing mudah berkecambah kalau jatuh di tempat yang lembab. Tetapi kalau disemaikan sendiri, pilih biji yang baik, dengan cara biji direndam dalam karung goni di dalam air mengalir selama 48 jam.

Apakah damar perlu dipupuk
Siklus haranya tertutup, tidak perlu ada pemupukan. Kalau sudah bersimbiosis dengan mikoriza tidak perlu dipupuk.

Umur bibit damar ditanam
Damar sebaiknya ditanam ketika sudah terinfeksi mikoriza, sekitar umur 60 hari (2 bulan).

Sumber data: Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 2020.

Maju Cemerlang Faperta Kita.



EnglishIndonesian