Peran dan Fungsi Faperta dalam Sistem Agribisnis BUMdes

Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) jurusan Agribisnis melalui Prof. Dr. Ir. Irwan Effendi, M.S., Dr. Indah Listiana, S.P., M.Si., dan Dr. Helvy Yanfika, S.P., M.E.P., melaksanan program Faperta Berkarya dengan tema Peran dan Fungsi Faperta dalam Sistem Agribisnis Badan Usaha Desa (BUMdes), bertempat Radar Lampung Televisi, Kamis, (04/03/2021).

Peran dan Fungsi BUMDes
Desa menjadi ujung tombak pembangunan Indonesia. Oleh karena itu pemerintah terus berupaya mendorong ekonomi desa dengan penyaluran Dana Desa dan program pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

Tujuan BUMDes seperti dalam Permendesa PDT dan Transmigrasi No. 4/2015 adalah, meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa.

Selain itu juga mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga, menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga, membuka lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa, dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan pendapatan asli desa.

Untuk itu pendirian BUM Desa harus berorientasi pada kepemilikan bersama (pemerintah desa dan masyarakat), tidak hanya memberikan manfaat finansial (pajak, pendapatan asli desa) tetapi juga manfaat ekonomi secara luas (lapangan kerja, ekonomi berkelanjutan, dll).

Peran Unila terhadap keberadaan BUMdes
Badan Usaha Milik Desa atau yang disingkat BUMDesa merupakan salah satu pilar ekonomi kerakyatan yang sangat penting guna membangun perekonomian Desa agar lebih progresif.

Melalui BUMDesa, potensi-potensi yang ada di desa diharapkan mampu untuk dikelola secara lebih profesional namun tetap memiliki perspektif nilai kekeluargaan di dalamnya dengan naungan pemerintahan desa sebagai penggerak otonomi pemerintahan di desa khususnya bidang perekonomian yang berkesinambungan.

Unila melalui Fakutas Pertanian menawarkan konsep perberdayaan BUMdes dengan menempatkan BUMDes sebagai pusat pengembangan agribisnis di Desa.

Peran inti BUMdes dalam sistem agribisnis: budidaya, pengolahan hasil dan penjualan hasil.

Sedangkan peran penujang adalah penyediaan sarana transportasi, permodalan dan mengajak pihak ketiga menjadi penyuluh pertanian dan sistem agribisnis (Sumber : Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 2021).

Maju Cemerlang Faperta Kita.

Secara singkat berikut gambaran konsep yang ditawarkan Fakultas Pertanian Unila

EnglishIndonesian