Penandatanganan MoU dan PKS Antara Empat Fakultas Pertanian Ilmu Kehutanan

Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) melaksanakan penandatanganan MoU (memorandum of understanding) dan PKS (perjanjian kerjasama) dengan Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo, dan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makasar. Penandatanganan Mou dilaksanakan secara online (zoom meating), bertempat diruang sidang dekanat Fakultas Pertanian Unila, Sabtu (03/04/2021).

Institusi perguruan tinggi di Indonesia dituntut untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian kepada Masyarakat.

Seiring dengan perkembangan dan tuntutan zaman, Perguruan Tinggi diharuskan untuk mengaplikasikan Tri Dharma dengan menerapkan kebijakan Kampus Merdeka Belajar yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar di luar kampusnya.

Dengan demikian, kerjasama dengan universitas lain semakin menjadi kebutuhan untuk mencapai hasil maksimal demi menciptakan output Tri Dharma dengan kualitas tinggi.

Fakultas Pertanian Universitas Lampung, sebagai bagian dari institusi perguruan tinggi, berkomitmen untuk mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan instansi-instansi pemerintah, non-pemerintah, swasta, maupun dengan universitas lain, baik dalam dan luar negeri.

Dengan jenjang studi program Diploma, Sarjana, Magister, sampai dengan jenjang Doktor, Fakultas Pertanian memiliki latar belakang bidang keilmuan yang sangat beragam beserta sumberdaya manusia yang berkualitas dalam bidang kehutanan secara luas, tidak hanya tingkat lokal tetapi sampai tingkat internasional.

Penandatanganan MoU dan PKS.
Fakultas Pertanian Unila jurusan ilmu kehutanan sebagai pemrakarsa bersepakat menandatangani MoU dan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan tiga Fakultas di tiga Universitas yang ditandatangani oleh;
1. Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si.
2. Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat, Dr. Kissinger, S.Hut., M.Si.
3. Dekan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo, Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si.
4. Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr. Ir. Andi Khaeriyah, M.Pd.

Sebagai implementasi dari kerjasama ini adalah penyelenggaraan kuliah bersama Mata Kuliah Perlindungan Hutan yang melibatkan mahasiswa dan para dosen pengampu dari keempat universitas tersebut.

Diharapkan ke depannya akan ada bentuk-bentuk implementasi kerjasama yang saling menguntungkan masing-masing pihak demi kemajuan sumberdaya manusia, penelitian yang berkualitas, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kerjasama yang terjalin diharapkan saling menguntungkan pihak-pihak yang terkait, yang bisa saling sinergi dan kolaborasi demi kebaikan dan tujuan bersama.

No.UniversitasJenis Kerja SamaJudul Kerjasama
1Universitas Lambung MangkuratMoU dan PKSKerjasama dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumberdaya manusia, penelitian, publikasi, serta pengembangan jurnal ilmiah  
2Universitas Halu OleoMoU dan PKSKerjasama dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumberdaya manusia, penelitian, publikasi, serta pengembangan jurnal ilmiah
3Universitas Muhammadiyah MakassarMoU dan PKSKerjasama dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumberdaya manusia, penelitian, publikasi, serta pengembangan jurnal ilmiah

Maju Cemerlang Faperta Kita.

Suasana online/ zoom meating diruang Sidang Dekanat Faperta Unila.
Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si.
Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat, Dr. Kissinger, S.Hut., M.Si.
Dekan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo, Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si.
Dekan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr. Ir. Andi Khaeriyah, M.Pd.
Suasana penandatangan MoU dan PKS antara Faperta Unila dengan Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo, dan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar.

EnglishIndonesian