Kolaborasi Apindo Lampung dengan Faperta Unila

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung bersilaturahmi, sekaligus dalam kerangka kolaborasi dengan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, bertempat diruang sidang dekanat, Selasa (25/05/2021).

Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung, Ary Meizari Alfian, mengatakan, “tema kedatangan kami disini adalah kolaborasi pengusaha dengan dunia pendidikan, karena harus dibangun antara dunia usaha dan kependidikan. Oleh karena itu untuk Apindo kedepan, saya melibatkan bukan hanya pada pelaku usaha saja, tetapi saya ingin melibatkan dunia akademisi”.

Jadi yang coba kita bangun adalah bagaimana merealisasikan kolaborasi pelaku usaha dan dunia akademisi, karna bagaimanapun juga ini ada kaitan yang erat untuk kedepan, “ujarnya“.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si., yang didampingi Wakil Dekan, beserta Kajur dan Sekjur, memaparkan sebagian hasil inovasi FP Unila kepada Apindo Lampung, diantaranya sebagai berikut;

  1. Produksi etanol dari singkong menjadi Hand sanitizer
  2. Proses ubi kayu (singkong) menjadi Tepung Mocaf.
  3. Proses pati singkong menjadi gula cair / Gulakong.
  4. Proses limbah batang singkong menjadi Pakan Ternak (ruminansia).
  5. Alat perjang batang singkong/ RABAKONG, yang dapat menghasilkan untuk; Pakan Ternak, Beriket Arang, dan Papan Komposit.
  6. MULTI NUTRIEN SAUS, untuk meningkatkan efektifitas pencernaan bahan makanan ternak sehingga mampu meningkatkan Bobot badan Ternak.
  7. Mesin pemotong batang singkong/ PETOKONG, dengan kerja alat mampu memotong 18.000-20.000 batang singkong/jam menjadi ukuran 20 cm bibit singkong.
  8. Pakan Ikan Terapung.
  9. Lada Sambung / Melada, suatu proses budidaya tanaman lada yang tahan terhadap serangan hama.
  10. Stimulan/Perangsang ; Tunas/anakan, Akar, Setek, Cangkok, Bunga (Rotemore, Bud Breaker, Shoot More, Flower Inducer).

Maju Cemerlang Faperta Kita.

EnglishIndonesian