Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) bersama dengan Pinsar Petelur Nasional (PPN) Lampung, melaksanakan kegiatan Pekan Peduli Antimikroba Dunia (World Antimicrobia Awarenes Week) dengan tema “Telur Untuk Indonesia Sehat dan Cerdas”, Rabu, (24/11/2021) bertempat diruang sidang dekanat FP Unila.

Acara yang dilaksanakan secara virtual di Bali tersebut, dihadiri oleh Menteri Pertanian RI Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H., Food and Agriculture Organization (FAO), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), U.S. Agency for Internatinoal Development (USAID), Wakil Gubernur Bali Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si.

Pada kesempatannya, Ketua Pinsar Petelur Nasional (PPN) Provinsi Lampung, Ibu Jenny Soelistiani mengatakan, ” sejak tahun 2018 FAO sudah hadir di Lampung. Kehadiran FAO ditanggapi secara positif bukan hanya dari asosiasi peternak petelur (PPN Lampung), tetapi didukung sepenuhnya oleh Dinas Peternakan Provinsi dan Kabupaten, serta kami didukung oleh Unila, Fakultas Pertanian”.

“Ada sebanyak 21 peternak yang sudah di NKV (Nomor Kontrol Veteriner), ini merupakan kerja bersama kami dengan Fakultas Pertanian Unila dalam membentuk tim pendampingan, dimana tim pendampingan ini berkolaborasi dengan semua, sehingga sangat mudah untuk mendampingi para peternak-peternak yang didalam prosesnya untuk mendapatkan NKV”, ujar’ Ketua PPN Lampung dalam laporannya kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc., terkait NKV. (Sumber youtube Sobat Pangan PEKAN KESADARAN ANTIMIKROBA SEDUNIA 2021 )

Peringatan Pekan Peduli Antimikroba Dunia/World Antimicrobia Awarenes Week (WAAW) yang dirayakan setiap tahun pada bulan November adalah sebagai bagian dari kegiatan global yang dirayakan serentak di dunia. Melibatkan berbagai macam golongan masyarakat, mulai dari Sekolah Dasar-Mahasiswa, peternak, kalangan pemerintah dan masyarakat umum.

Kegiatan ini dilakukan berupa edukasi dan sosialisasi kepada golongan masyarakat, sekaligus melakukan promosi bahan pangan asal unggas (telur dan daging ayam) yang bergizi tinggi, sehat, hygienis dan ada jaminan pangan dalam sertifikasi NKV (Nomor Kontrol Veteriner) dari pemerintah.

Tujuan kegiatan

• Menyebar luaskan informasi tentang pentingnya penggunaan antibiotik secara bijak dan bertanggung jawab untuk mengendalikan resistensi antimikroba pada produk unggas.

• Mempromosikan telur dan daging ayam sebagai sumber protein yang bergizi tinggi, sehat, aman dan terjangkau bagi masyarakat.

• Menjadikan Pemerintah Daerah Propinsi Lampung dan stakeholder perunggasan terkait sebagai bagian dari kegiatan global dalam Peringatan Pekan Peduli Antimikroba Dunia (WAAW 2021)

Maju Cemerlang Faperta Kita.