Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) melalui Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si., menjadi narasumber dalam gelaran Temu Teknis Peneliti dan Penyuluhan Pertanian dengan tema Mewujudkan Ketahanan Pangan di Provinsi Lampung, kegitan ini diselenggarakan oleh BPTP ( Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Lampung bekerjasama dengan DPW (Dewan Perwakilan Daerah) Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Provinsi Lampung, Rabu (10/11/2021) diselenggarakan secara online dan offline di kantor BPTP Lampung.

Acara dihadiri oleh peneliti, penyuluh, instansi terkait, petani dan partisipan dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutan acara, Wakil Menteri Pertanian RI, Bapak Harvick Hasnul Qolbi mengatakan bahwa Presiden RI saat ini sangat fokus terhadap sektor pertanian. “Petani memegang peranan penting untuk mencapai target produksi pangan agar kebutuhan pangan bagi 270 juta lebih penduduk Indonesia dapat terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, perlu adanya peran penyuluh pertanian dan para peneliti untuk mengkaji dan mendiseminasikan teknologi baik teknis maupun aspek non teknis untuk mempercepat berbagai program pemerintah yang dapat diakses dengan mudah oleh petani dan pelaku usaha dalam mewujudkan ketahanan pangan,” ungkapnya. Klik terkait berita

Pada kesempatannya, Dekan Fakultas Pertanian Unila memaparkan poin tentang Peran Peneliti dan Penyuluh Menuju Ketahanan Pangan, Kerangka Pertanian Berkelanjutan.

Selain itu, Prof. Irwan S, Banuwa, menyampaikan Program Klinik Pertanian Keliling Unila, adalah merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Lampung. Kegiatan klinik pertanian keliling menyediakan penyuluhan terhadap petani pada tingkat kelompok tani, desa, kecamatan dengan menghadirkan dosen-dosen pertanian di Unila yang ahli dan berpengalaman dibidang pertanian.

Dekan Fakultas Pertanian Unila menggarisbawahi bahwa masyarakat di Provinsi Lampung dapat menikmati program klinik pertanian keliling secara gratis.

Prosedur pengajuan program klinik pertanian keliling dapat mengirimkan surat resmi atas nama kelompok tani, desa, kecamatan beserta melampirkan permasalahan-permasalahan dibidang pertanian, beralamatkan Fakultas Pertanian Unila, Jl. Sumantri Brojonegoro No. 01, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung (0721) 704946.

Klinik Pertanian Keliling Unila Mendukung Program “Petani Lampung Berjaya”

Maju Cemerlang Faperta Kita.